Tanya Dokter

  • Resiko kejang demam kambuh kembali saat remaja

  •  Stephani
    Anggota
    Selamat pagi dok. Saya Stephani, berusia 18 tahun. Saya ingin bertanya, apakah riwayat penyakit step akan berdampak pada dewasa? Karena saya sering kali merasakan telapak kaki & tangan saya kedinginan. Dan juga terkadang memegang sesuatu pernah saja gemetaran. Tolong beri tahu saya jawabannya ya dok. Terima kasih

    Halo Stephani, 

    Mungkin yang Anda maksudkan adalah kejang demam semasa anak-anak. Jika bukan, maka Anda bisa membuat pertanyaan baru. 

    Kejang demam adalah kejang yang terjadi saat suhu tubuh 38 derajat atau lebih yang disebabkan proses/penyakit di luar otak. Kejang demam bisa terjadi pada anak usia 3 bulan-5 tahun Kejang demam biasanya tidak berpengaruh pada tumbuh kembang atau kecerdasan anak. Sebagian besar anak yang memiliki riwayat kejang demam tumbuh dan berkemban normal. Tetapi, pada 5 % anak, bisa terjadi epilepsi atau kelainan neurologis lain, tetapi biasanya anak-anak tersebut memiliki faktor resiko lain, misalnya riwayat keluarga dengan epilepsi. 

    Teapak tangan dan kaki yang dingin dan gemetaran bisa disebabkan karena berbagai kondisi, misalnya sedang sakit demam, reaksi withdrawal kafein, sedang gugup, kelainan saraf, gula darah rendah/hipoglikemia biasanya karena terlambat makan, atau bisa juga karena kondisi lain. Karena penyebabnya luas, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Dokter akan melakukan tanya jawab, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang untuk mengetahui penyebab keluhan Anda dan kemudian memberikan penanganan yang sesuai. 

    Salam, 

    dr. Mega