Tanya Dokter

  • Bisakah anus yang asli BAB jika dibuat stoma?

  •  wennn
    Anggota
    Malam dok nenek saya baru 2 minggu melakukan operasi usus besar . Jd. Doktor bedah yang melakukan operasi tersebut membuat tempat bab sementara (stoma) Lalu kemudian 5 bulan lagi dilakukan penyambungan kembali . Yang mau saya tanya kan apakah anus yang asli masih bisa bab atau lainnya seperti mengeluarkan cairan atau lainnya sebelum penyambungan . Karena barusan beliau bilang keluar air cair berwarna putih ke abu-abu an dari anusnya padahal belum dilakukan tindakan penyambungan tersebut

    Hai.. Terimaksih untuk pertanyaan yang diberikan.

    Kolostomi merupakan pembuatan saluran yang menghubungkan usus besar ke permukaan perut. Tindakan ini dilakukan bila ditemukan adanya gangguan fungsi pada usus besar, rektum, dan anus, misalnya kanker usus besar, kanker rectum, kanker anus, tidak terbentuknya anus. Sehingga dengan adanya stoma ini dimaksudkan sebagai jalur pembuangan kotoran dan gas. Stoma dapat dipasang permanen atau hanya sementara. 

    Ketika dilakukan kolostomi maka sebenarnya anus tidak akan bekerja untuk mengeluarkan kotoran dan gas. Karena anus sudah tidak tersambung lagi dengan usus besar dan fungsinya telah digantikan dengan stoma. Bila ada cairan yang keluar bisa berasal dari infeksi yang ada di anus/ rectum, kurang bersih ketika membersihkan daerah tersebut setelah nenek anda BAK atau mandi. 

    Dalam penggunaan stoma harus memperhatikan:

    • Makanan yang dikonsumsi jangan yang memicu buang angin, makanan yang mengakibatkan sulit BAB atau diare
    • Bersihkan stoma secara rutin dan jaga kebersihan daerah sekitarnya
    • Hindari iritasi atau infeksi kulit disekitar stoma

    Bila cairan yang keluar semakin banyak, disertai nyeri dan berdarah, atau ada keluhan lain pada stoma maka baiknya anda memeriksakan nenek anda ke dokter bedah yang melakukan operasi. Dokter akan memeriksa secara langsung dan mengevaluasi lagi adakah gangguan dari pemasangan stoma.

    Semoga bermnafaat

    dr. Iriyanti