Tanya Dokter

  • Mengatasi stres dan mudah menangis secara tiba-tiba

  •  Nadara
    Anggota
    Dok saya sering sekali mengalami masalah keluarga, dari saya kecil kaka saya selalu melakukan hal yang membuat orang tua saya kesulitan, sebagai contoh ia tidak membayar uang kuliah. Semakin saya dewasa masalahnya semakin besar, lama lama saya merasa sering emosi tetapi tidak bisa melampiaskannya. Akhirnya belakangan ini sedikit masalah yang ada bisa bikin saya nangis sesenggukan. Saya ingin cerita tapi selalu beban buat saya ceritain aib keluarga. Akhirnya saya lebih milih buat nangis sendiri. Lama lama saya ngga bisa ngontrol emosi saya kalau nangis. Bisa dalam sesaat saya berubah pikiran. Apa saya normal dok?

    Halo Ayucam, 

    Terima kasih atas pertanyannya, 

    Stres merupakan kondisi yang dapat dialami semua orang, mulai dari anak sampai pada dewasa. Namun, pada umumnya orang yang kerap kali mendapatkan stressor adala orang dewasa mulai dari hubungan dengan orang lain, masalah keluarga, masalah pekerjaan, sampai kepada masalah perekonomian. Semua orang memiliki masalahnya masing-masing, yang sebenarnya sangat dapat dishare dengan orang terdekat kita baik itu keluarga ataupun teman. Selain itu, stress dapat menimbulkan respon emosi yang berbeda-beda mulai dari marah, emosi, atau bahkan hanya diam saja. Stress sebaiknya dapat disalurkan dan dicari cara terbaiknya yang dapat membuat diri orang yang mengalami stres menjadi lebih rileks. Stres merupakan kondisi atau faktor resiko dimana dapat menimbulkan masalah kesehatan. Masalah kesehatan yang dapat muncul dapat berupa sebagai berikut: 

    1. Peningkatan tekanan darah
    2. Penyempitan pembuluh darah
    3. Meningkatnya denyut jantung
    4. Meningkatnya hormon stres yang dapat mempengaruhi kesehataan tubuh pada umumnya
    5. Asma
    6. Diabetes
    7. Obesitas
    8. Depresi 
    9. Asam lambung
    10. Penuaan dini.

    Namun, tentu juga dipengaruhi oleh hal lainnya. Menangis bukanlah hal yang salah untuk meluapkan rasa tidak nyaman atau stres. Stres sebenernya dapat dimanage dengan baik. Dengan beberapa pilihan langkah mengurangi stres berikut: 

    1. Berolahraga dengan teratur
    2. Menjalankan hobi yang Anda senangi
    3. Meditasi dan relaksasi
    4. Mengkonsumsi makanan yang cukup dan seimbang
    5. Mencukupi kebutuhan cairan dengan mengkonsumsi air putih 8-10 gelas sehari
    6. Istirahat yang cukup
    7. Hindari merokok
    8. Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol. 

    Jika kondisi Anda tidak membaik bahkan memburuk, tidak ada salahnya untuk melakukan konsultasi langsung dengan dokter, apalagi jika memang kondisi Anda sehari-hari terganggu dan istirahat tidur Anda juga terganggu. Dengan menceritakan apapun ke orang lain yang dapat Anda percaya bukanlah menyebarkan aib namun untuk meringankan beban Anda, masalah keluarga tidak hanya dialami oleh Anda, namun semua orang juga bisa mengalaminya. 

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

    Salam, dr.Tiwi.