Tanya Dokter

  • Penyebab gelisah tanpa sebab

  •  evaaaaa
    Anggota
    Saya mau tanya dok, setelah lulus kuliah saya melamar sebagai guru di smp. Tetapi hanya 1 minggu karna murid nya nakal saya resign. Setelah itu saya istirahat sementara dirumah, kepikiran juga ga enak sama org tua nganggur terus. Saya melamar lg di mts dan baru 2 hari memutuskan resign karna gaji yg terlalu kecil 600rb. Saya berfikir ingin bekerja diluar bidang pendidikan. Tetapi saya dihantui perasaan gelisah terus menerus, tanpa sebab. Kadang muncul gelisah, kadang tidak. Sampai saya mikir saya takut untuk kerja lg. Setiap gelisah dateng sangat ganggu, kepala pusing, badan lemas, tdk semangat, pikiran kosong, tidak bisa tidur, tidak nafsu makan. Kira2 ada solusi dari dokter? Terimakasih

    Haloo Sdr. Eva,

    Saya memahami kecemasan Anda. Setiap orang memiliki cara yang unik dalam memandang suatu masalah yang dihadapinya. Hal itu dipengaruhi oleh faktor genetik, kepribadian, hingga peristiwa traumatis yang pernah dialami oleh seseorang. Suatu ketika bila kendali terhadap pikiran terganggu, maka tubuh dapat merespon dengan suatu bentuk gangguan/penyakit yang terlihat nyata. Sebagaimana yang Anda ceritakan, kegelisahan yang Anda rasakan membuat Anda merasakan berbagai macam ketidaknyamanan dalam tubuh seperti pusing, tidak bersemangat, susah tidur, nafsu makan menurun.

    Dalam istilah kedokteran, kondisi yang Anda alami tersebut dapat mencerminkan suatu bentuk:

    • Gangguan cemas menyeluruh : adanya rasa cemas yang berlangsung setiap hari untuk beberapa minggu-bulan yang tidak terbatas hanya pada suatu hal, disertai dengan ketegangan motorik seperti gelisah, sakit kepala, gemetaran, dan overaktivitas otonom seperti pusing, mual, berdebar-debar ; ATAU
    • Depresi ;  ATAU
    • Campuran antara gangguan cemas dan depresi

    Gangguan-gangguan tersebut merupakan gangguan yang cukup sering dijumpai di praktik klinik. Untuk menanggulanginya, akan disesuaikan dengan karakter individu itu sendiri. Tidak jarang pula seseorang memerlukan pengobatan berupa obat-obatan untuk mengendalikan kondisi yang dialaminya.

    Hal pertama yang hendaknya Anda lakukan ialah meyakinkan diri Anda bahwa Anda berani melawan gejala-gejala tersebut. Berusalah mengubah pola pikir Anda ketika menghadapi suatu masalah atau tantangan. Hindari membiasakan diri berpikir bahwa hal yang mendatangi Anda adalah hal sulit atau hal yang tidak mungkin dapat Anda atasi. Ketika masalah datang, janganlah terus-menerus hanya Anda pikirkan karena justru akan menimbulkan gejolak yang membuat Anda gelisah terlebih bila Anda berpikir Anda tidak boleh gagal, atau Anda harus mencapai tujuan Anda. Ambisi seperti itu tidak jarang menimbulkan stres bagi seseorang. Cobalah hadapi, jalani dan lakukan dengan ikhlas setiap masalah yang mendatangi Anda.

    Memang, mengubah pola pikir sedemikian rupa tidak dengan mudah dilakukan. Maka dari itu, perluaslah pergaulan yang positif dan juga wawasan Anda. Berbagilah masalah dengan teman terdekat atau orang yang Anda percaya dapat membantu meringankan beban pikiran Anda. Sesekali lakukan perjalanan rekreasi di alam terbuka untuk menyegarkan pikiran sekaligus membuka peluang munculnya insiprasi yang baik. Jangan lupa untuk berdoa. Di samping itu meditasi atau yoga juga banyak diminati  dalam mengatasi kegelisahan. Adapula hipnoterapi yang juga dapat menjadi pilihan.

    Bilamana cara-cara tersebut tetap tidak berhasil Anda lakukan, maka jangan pernah ragu untuk berkonsultasi pada dokter spesialis kejiwaan atau psikiater. Beliau akan mengarahkan Anda pada suatu metode yang dianggap terbaik untuk mengatasi masalah Anda kini.

    Simak artikel terkait : Mengenali Gangguan Cemas

    Demikian, semoga bermanfaat

    Terima kasih