Tanya Dokter

  • Solusi atasi rasa sedih hingga menangis dan merasa tidak berharga

  •  KharismaP98
    Anggota

    Halo dok, saya kharisma berumur 19thn, saya juga adalah mahasiswa. Hampir setiap hari saya merasa sedih, tidak berharga, benci diri sendiri, sering menangis sampai sakit kepala.. selama saya kuliah perasaan tsb makin menjadi, dan bahkan saya sudah tidak sanggup untuk kuliah. Saya juga sering menyakiti diri sendiri, dengan memukul kepala saya sekencang2nya, sesudah itu menangis lagi, dan saya juga makannya bertambah banyak dan saya tidak bsa mengontrolnya, bawaannya ingin makan terus, alhasil dari awal saya memang sudah gemuk, malah makin gemuk lagi, mungkin bsa di katakan smpai obesitas. Saya juga sampai memiliki pemikiran untuk bunuh diri.. orang tua saya tidak tau akan hal ini, tetapi meski mereka tahu pun pasti mereka hanya menganggap saya berlebihan dan lebay, apa yg harus saya lakukan dok? berhubung juga saya ingin ke psikolog tetapi tidak punya biaya untuk konsultasi karena terbilang mahal

    Terimakasih.

    Kharisma yang baik,

    gangguan psikis dapat muncul dalam berbagai bentuk. Salah satu yang dipengaruhinya ialah ekspresi emosional berupa rasa gembira, marah, sedih, dan takut. Sejatinya suatu kondisi psikis dikatakan mengalami gangguan ketika kondisi psikis tersebut menghambat individu tersebut untuk menjalankan fungsinya secara sosial serta berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya. Pada kondisi yang Anda ceritakan dimana rasa sedih dan tertutup menjadi sedemikian dominan, kondisi ini bisa terjadi pada :

    • gangguan depresi
    • gangguan afektif bipolar
    • gangguan cemas menyeluruh
    • penyalahgunaan obat-obatan
    • hipotiroid
    • gangguan stress pasca trauma

    Sayangnya kondisi ini tidak bisa diobati sendirian. Anda membutuhkan bantuan dari profesional, baik untuk mendiagnosis maupun untuk menentukan terapi. Pertama carilah rekan atau keluarga yang sekiranya bisa diajak bicara, untuk menceritakan keluhan yang Anda alami. Kemudian mintalah mereka untuk menemani Anda berobat. Anda dapat mulai berobat ke puskesmas yang ditanggung oleh BPJS dan bila pengobatan kurang memadai, Anda bisa dirujuk ke psikiater. Pengobatan yang diberikan biasanya berupa terapi prilaku beserta obat-obatan minum. Kondisi ini bukan merupakan jalan buntu dan dapat dicari solusinya selama Anda mau berusaha. Berikut kami lampirkan artikel mengenai depresi. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief