Tanya Dokter

  • Stres, depresi, gila atau skizofrenia?

  • Dok, saya sering merasa sedang mengalami depresi parah akhir-akhir ini. Hal ini berawal dari 5 tahun lalu di mana saya setiap hari mengalami trauma keluar rumah karena bertemu atau melihat orang-orang baru yang belum saya kenal. Ketika saya sedang "seperti itu" kepala saya langsung mendadak sakit, leher saya tegang, terdengar bunyi syaraf di bagian belakang kepala, sulit berkonsentrasi ketika di kelas atau saat sedang belajar sendiri, sering merasa bodoh & mengalami gangguan berpikir, merasa bingung setiap saat, sering sekali melamun, sering mengurung diri di kamar, dan sering mendengar suara-suara sendiri maupun orang lain padahal saya sedang sendirian, dan saya sering merasa yakin bahwa saya sudah gila.

    Apakah saya menderita skizofrenia ya dok? Tolong dijawab ya dok, terimakasih banyak.

    Halo,   Gangguan psikologis perlu diperiksakan ke psikiater atau psikolog untuk diperiksakan secara seksama oleh ahlinya. Secara medis Skizofrenia adalah gangguan kejiwaan yang melibatkan gangguan delusi,halusinasi, perubahan pola prilaku dan pikiran yang kacau serta tidak sesuai norma masyarakat pada umumnya. Untuk mendiagnosa seseorang memiliki gangguan skizofrenia maka seseorang tersebut harus emmenuhi kriteria sebagai berikut :

    1. mengalami halusinasi baik audio (suara), visual dan atau keduanya.
    2. Mengalami delusi = suatu pemahaman yang tidak benar tentang dirinya sendiri dan tidak sesuai norma masyarakat.
    3. Mengalami gangguan pikiran
    4. perubahan perilaku yang signifikan = agresif, pasif dll.
    5. Kondisi diatas harus terjadi minimal 6 bulan berturut turut.
    6. Tidak disebabkan oleh gangguan akibat Napza
    7. dll.
    Jika Anda memiliki keragian mengenai gangguan psikis yang Anda miliki maka sangat disarankan bagi Anda untuk berkonsultasi dengan ahlinya yaitu psikiater. Psikiater akan mampu mendiagnosa Anda dan memberikan penanganan terbaik untuk kasus Anda. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Iya dok, saya sudah memeriksa diri saya ke psikiater dan psikiater tersebut memberikan 2 obat, yaitu obat pertama adalah racikan dari hexymer+haloperidol & obat kedua adalah racikan dari asabium+aminophilin, tapi saya belum meminumnya karena ragu saya terkena skizofrenia atau tidak.