Tanya Dokter

  • Penanganan penyakit gondok selain pembedahan

  • Sore Dok, Usia saya 25 tahun. Diagnosa dokter tentang saya Struma Nodusa Non Toksik dengan 1 Nodul. Hasil T3, T4, TSH Semua Normal.  Saya sudah konsul ke Dokter Penyakit dalam dan dirujuk ke dokter bedah. Hasil akhir dari Dokter Bedah bahwa penyakit ini harus dibedah? Apakah tidak ada alternatif lain selain dilakukan pembedahan ? 

    Kondisi saya alhamdulillah sehat, tetapi yang sering saya rasakan setiap hari ada dahak yang mengganggu pernafasan. Apakah perlu tes Dahak juga Dok?

    Terima kasih

    Halo Novia......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa struma atau yang bahasa awamnya adalah penyakit gondok, merupakan pembesaran pada kelenjar tiroid. Biasanya dianggap membesar bila kelenjar tiroid berukuran lebih dari 2 kali ukuran normal. Pembesaran kelenjar tiroid dapat terjadi secara keseluruhan / merata ( struma difus ), atau pun berbenjol - benjol ( struma nodusa ). Penyebab timbulnya kondisi ini diantaranya adalah karena : produksi hormon tiroid di atas nilai normal ( hipertiroid ), produksi hormon tiroid di bawah nilai normal ( hipotiroid ), kekurangan iodine, peradangan atau infeksi pada kelenjar tiroid, tumor ( jinak atau ganas ). Sebenarnya penanganan struma adalah dengan obat - obatan, operasi, dan radioterapi. Operasi biasanya dilakukan jika : struma difus toksik ( gondok merata dengan hipertiroid yang gagal dengan pengobatan ), struma uni / multi nodusa dengan kemungkinan keganasan, struma dengan gangguan tekanan ( seperti : sulit menelan, sulit napas, suara serak, dll. ). Jika memang Anda ingin mencoba penanganan secara non - operasi, maka cobalah diskusikan kembali hal ini dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam yang sebelumnya Anda temui, dan mendiskusikan masalah ini, sehingga akhirnya Dokter dapat memberikan keputusan yang paling baik untuk Anda.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    PENYAKIT GONDOK

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    salam,

    Dr. Jati