Tanya Dokter

  • Mengatasi suami pencemburu

  • Salam, mau tanya ni Dok, suami saya tu pencemburu, saya gak boleh ini gak boleh itu, sebagai istri yang baik saya turutin semua ny, saya hindarin apa yang dia gak suka, yang saya mau tanya kan, kenapa ya suami saya sampe pencemburu kayak gitu? apa yang mesti saya lakukan biar dia percaya sama saya? emang mau sampai kapan mau kayak gini truz?

    Hai Ny. Siti,

    Setiap orang memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda, dan hal ini yang harus dimengerti oleh setiap pasangan dalm rumah tangga. Munculnya konflik dalam rumah tangga dapat terjadi akibat perbedaan pendapat dan perbedaan sifat saat adanya suatu masalah yang dihadapi.

    Wajar jika setiap orang memiliki rasa cemburu akan sesuatu, namun jika hal ini terlalu berlebihan maka akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada pasangan. Rasa cemburu muncul dapat berawal dari kurangnya rasa percaya terhadap pasangan, akibat pernah dikecewakan atau mengalami kejadian masa lampau yang tidak baik. Hal ini yang mendorong seseorang memiliki rasa cemburu yang berlebihan karena takut akan mengalami hal yang serupa. Baca ulasan Memahami rasa cemburu

    Diskusikan hal ini dengan suami secara terbuka, tanyakan alasannya melakukan hal tersebut dan apa yang diharapkan dari pasangan untuk lebih baik kedepannya. Hal ini tidak berlaku hanya untuk satu pihak melainkan keduanya, agar kedua belah pihak sama-sama mengerti dan terhindar dari konflik rumah tangga. Bicarakan dengan jujur dan tunjukkan melalui perbuatan komitmen yang sudah dibuat agar rasa saling percaya dapat tumbuh. Hindari emosi berlebihan saat masalah  muncul dan diskusikan dengan kepala dingin dan saling mengingatkan.

    Baca artikel mengenai Cara membina rumah tangga yang harmonis

    semoga bermanfaat,

    dr. Tantya