Tanya Dokter

  • Meningkatnya frekuensi berhubungan intim

  • selmat sore Dok, saya menikah sudah 3 thn dan dikaruniai seorang anak baru 2 bulan ini, tahun pertama saya hamil, tapi kehamilan hanya berumur 2 bulnan saja dikarenakan adnya keguguran,
    Dari sejak malam pertama hingga saya menyusui buah hati ini saya dan suami saya tidak pernah berhenti bersetubuh. sampai saya hamil sebulan saja hubungan suami istri setiap malam terus nga pernah rasa puas atau malas sampai saya sadr bahwa keguguran ank pertama itu akibat dari behubungan yg berlebihan itu. dan di buah hati sekarng ini pun kita tidk pernh beristrihat bersetubuh kecuali suami keluar kota. setelah kembali hubungan kite tetap seperti biasa, kadang 1 malam bisa 2 kali bersetubuh.
    pertanyaan saya Dok, apakah suami saya seorang abnormal dalam hal sex atau hypersex. tetapi suami saya tidak pernah bersetubuh di luar nikah, atau dengan orang lain selama ini.
     
    terimah kasih Dok

    Salam,

    Meningkatnya hubungan seks pada pasangan suami istri dari range yang sewajarnya, kemungkinan dapat disebabkan oleh adanya tingginya libido pada pasangan kita. Hubungan suami istri dapat terjadi secara wajar dengan frekuensi 2-3 kali minggu, dan dapat meningkat sesuai kemampuan dan juga kesepakatan antara suami dan istri. 

    Bila dalam satu hari ingin melakukan hubungan seks 2 kali/hari namun tidak diikuti beruntun untuk hari-hari selanjutnya (dalam arti ada jedah) maka kondisi ini masih dalam batas wajar. Anda cukup menghitung rata-rata frekuensi hubungan seks yang dilakukan setiap minggunya. Pada usai dewasa atau pasangan suami istri berdasarkan penelitian, hubungan seks dapat terjadi sekitar 84 kali pertahun pada usia 18-29 tahun.

    Namun bila Anda merasa hal ini sudah berlebihan berdasarkan frekuensinya, intensitasnya, ataupun kemampuan fisik masing-masing, sebiaiknya Anda berdiskusi dengan baik dan duduk bersama untuk memberikan gambaran yang Anda pikirkan dan ingin diungkapkan. Bila diperlukan Anda dapat berkonsultasi dengan dokter psikiater ataupun androlog. Bila tingginya libido ini mengarah pada hiperseks, maka dokter dapat mempertimbangkan beberapa faktor pemicunya, seperti:

    1. gangguan kesehatan jiwa

    2. gangguan pada otak

    3.adanya rangsangan persisten pada genital

    4. sindrom, kluver bucy, dimana gangguan neurobhavioral karnea kerusakan otak

    5. sexual addiction, dimana adanya kecanduan pada seks akan dapat mengarah pada aktivitas seks yang melebihi batas berupa masturbasi secara berlebih, hubungan seks dengan pasangan lain atau banyak pasangan, sex and porn

    Dengan memastikan penyebabnya, maka dokter akan melakukan perawatan dan juga pengobatan untuk mengontrol kondisi ini.

    Yang perlu dipahami adalah;

    1. secara umum berdiskusi dengan pasangan tentang kondisi ini, sehingga dapat saling memahami

    2. bila mengarah pada hiperseks, maka sekiranya pasien Anda memahami kondisi yang dialaminya baik dari Anda ataupun profesional

    3. mendiskusikan beberapa masalah yang mungkin dihadapi oleh suami Anda

    demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga high sex drives.

    dr. Ulfi