Tanya Dokter

  • Suara hilang hampir 1 bulan

  •  Lina.
    Anggota

    Selamat sore dok. saya mau nanya, suara saya hilang sudah hampir 1 bulan. jadi sekarang kalau ngomong selalu bisik2. saya sudah ke dokter THT dikasih obat dengan dosis menurut saya cukup tinggi, tapi tidak ada perubahan. saya datang yang kedua kali masih sama. dokter bilang "pita suara saya bengkak, dan kalau masih tidak aa perubahan terpaksa dirujuk ke rumah sakit yang lebih besar untuk dilihat penyebab hilangnya suara". sebelumnya saya punya riwayat bronchitis, dan dari maret sampai sekarang batuknya gak hilang2, padahal saya sudah bolak balik ke dokter Sp.P. saya mau bertanya bronchitis bisa disembuhkan gak sih dok sebenernya?, dan therapinya seperti apa? lalu, suara saya yang hilang ini tanpa kerumah sakit, ada solusinya tidak dok?

    Hai Lina, Suara hilang dapat disebabkan oleh adanya pembengkakan pada laring tempat pita suara yang biasanya disebabkan oleh adanya infeksi pada laring (laringitis). Gejala yang dialami pada orang yang menderita laringitis adalah nyeri tenggorokan, batuk, demam, suara serak atau hilang sama sekali,. Penyebab laringitis antara lain:

    1. Kerusakan pada pita suara dapat disebabkan oleh penderita yang berteriak kencang dan dapat juga disebabkan akibat penderita yang mengalami batuk berkepanjangan serta akibat trauma
    2. Infeksi virus, bakteri atau jamur
    3. Alergi
    4. Penyakit asam lambung
    5. Laring yang iritasi dan kering dapat disebabkan oleh merokok
    Laringitis dapat terjadi secara singkat maupun lama. Laringitis yang terjadi hanya sesaat saja biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Namun, laringitis yang terjadi dalam jangka waktu yang lama sering disebabkan oleh alergi, penyakit asam lambung, merokok dan konsumsi minuman keras. Pemeriksaan laringitis dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan laringoskopi yaitu memasukkan kamera ke dalam mulut untuk melihat pita suara.Penanganan dan pengobatan yang dilakukan harus sesuai dengan indikasi sehingga hasil yang didapatkan akan maksimal. Bronkitis merupakan infeksi yang terjadi pada saluran utama paru yaitu bronkus. Bronkitis dapat terjadi secara akut maupun kronis. Gejala yang dapat dialami pada penderita bronkitis adalah:
    • Batuk
    • Sesak
    • Sakit tenggorokan
    • Sakit pada dada
    • Hidung tersumbat
    • Kelelahan
    Bronkitis dapat terjadi secara akut yaitu sampai 3 minggu namun dapat juga terjadi secara kronis yaitu 3 bulan sampai satu tahun. Dan pada umumnya bronkitis kronis akan berulang pada tahun-tahun berikutnya. Bronkitis juga pada umumnya disebabkan oleh infeksi baik virus atau bakteri namun dapat juga disebabkan oleh kebiasaan merokok, lingkungan yang tidak sehat (banyak debu dan asap atau bahan kimia) dan penyakit asam lambung. Bronkitis dan laringitis memang bisa terjadi secara bersamaan karena kedua keadaan tersebut dapat disertai dengan gejala batuk yang dapat menyebabkan laringitis bertambah buruk. Sebaiknya anda tetap berkonsultasi ke dokter agar pengobatan dapat diberikan secara maksimal. Untuk mengurangi gejala yang anda alami sebaiknya anda melakukan tips-tips di bawah ini:
    • Melakukan kontrol rutin ke dokter dan mengikuti saran dokter serta mengkonsumsi obat yang diberikan dokter
    • Mengurangi menggunakan suara
    • Hindari merokok
    Anda dapat membaca artikel di bawah ini; Laringitis Bronkitis Semoga membantu dr. Yosephine U L Simanungkalit