Tanya Dokter

  • Telat haid 5 minggu, namun janin belum terlihat saat USG

  • Saya telat haid. Hpht 17 mei. Saya periksa ke dokter. Kurang lebih seharusnya sudah telat 5 minggu. Tetapi janin masih juga belum terlihat di alat USG. Apa saya termasuk kehamilan kosong atau bahkan kehamilan anggur? Terima kasoh dokter. Mohon penjelasannya 😊

    Halo Michella.....

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda Ketahui sebelumnya bahwa blighted ovum ( BO ) atau hamil kosong adalah suatu kondisi medis di mana terjadi kehamilan, tetapi embrio atau Janin tidak berkembang dan yang berkembang hanya Kantung kehamilannya saja. 

     Pada umumnya gejala seorang wanita mengalami Blighted ovum adalah pendarahan dari jalan rahim. Blighted ovum dicurigai jika pada pemeriksaan khamilan di atas Usia enam minggu belum dapat terlihat embrionya, karena pada usia tersebut biasanya Embrio sudah mudah untuk dilihat melalui USG.

     Pada usia kurang dari enam minggu, misalnya baru empat minggu atau lima minggu maka adalah hal yang normal jika hanya terlihat Kantung kehamilan dan embrio belum tampak karena masih sangat kecil. Blighted ovum sendiri ditegakkan atau dipastikan jika ukuran Kantung kehamilan mencapai 25 mm dan Embrio belum juga tampak. 

     Kami sangat menyarankan kepada anda untuk bersabar dan melihat hasil USG pada saat kontrol Anda berikutnya kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan, sehingga akhirnya segala sesuatu nya terang dan jelas. 

     Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    BLIGHTED OVUM

     Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

    Salam,

    Dr. Jati