Tanya Dokter

  • Sufor yang cocok untuk bayi

  •  Merispi
    Anggota
    Slmat mlam Dok,maaf mngganggu jdi gini dok asi sy kan kurang jdi dri 0bulan ank sy d beri sufor Sgm smpe 3blan pazt 4blan.a d ganti dgn Bmt Morinaga krna kmrin smpat kembung 1minggu maka.a ganti k Morinaga tpi Bb.a pazt Sgm tu naik.a cepet cuman pazt d Morinaga ini lama aplgi klo ikut takaran dri sufor.a pup.a ijo dn susah buat adek untuk ngeluarin.a ampe rewel,itu gmna ya Dok ?skrng msih Bmt Morinaga jdi.a sy ksih gag sesuai takaran.a sy kurangin takaran.a Dok,trmksih sblum.a soal.a msih bingung mau ganti sufor lgi atou gmna.
    Merispi  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Merispi,

    Pertumbuhan dan perkembangan anak tentu merupakan hal yang diutamakan bagi orang tua. Pertumbuhan dan perkembangan anak sendiri sangat erat kaitanya dengan asupan nutrisi yang diberikan sehingga membutuhkan perhatian ekstra dalam memberikanya dan susu formula merupakan salah satu sumber nutrisi yang dapat diberikan kepada bayi guna memenuhi kebutuhan nutrisinya tersebut.

    Saya tidak akan membahas satu merek susu formula secara khusus namun saya akan membahas susu formula secara umum. Susu formula merupakan susu yang diproduksi oleh pabrik guna membantu memenuhi nutrisi bayi dan sebagai pendamping ASI (MPASI-Makanan pendamping ASI).

    Pengunaan susu ini sebaiknya diberikan sesuai usia bayi dan disesuaikan dengan kebutuhan bayi sendiri. Bila bayi Anda mengalami keluhan setelah mengkonsumsi produk susu tertentu maka sebaiknya Anda menghentikan pengunaan susu tersebut dan segera memeriksakan anak Anda kedokter spesialis anak agar mendapat penanganan lebih lanjut karena dapat saja keluhan tersebut disebabkan oleh alergi susu sapi ataupun gangguan saluran cerna lainya.

    Sembelit pada bayi akibat konsumsi susu formula umunya disebabkan susu formula lebih sulit dicerna dari ASI sehingga tinja akan lebih keras dan sulit untuk dikeluarkan. Selain penanganan dokter, Anda juga dapat melakukan beberapa penanganan awal berikut terkait keluhan anak Anda :

    • Pastikan bayi mendapat asupan cairan yang cukup
    • Anda dapat memberikan pelunak tinja (poloxamer drop) sebanyak 0,3 ml kedalam susu bayi dan dilakukan sehari 3x
    • Pastikan kebersihan peralatan makan anak, cuci dan sterilkan botol susu bayi guna menghindari berbagai kontaminasi pada susu bayi
    • Berikut artikel terkait pertanyaan Anda :

      Memilih susu formula untuk bayi

      Mengatasi sembelit pada bayi

      Semoga bermanfaat,

      dr. Budiono