Tanya Dokter

  • Mengatasi suhu tubuh anak di bawah normal

  •  515c4
    Anggota
    2 hari lalu sy membawa anak sy ke lab. Karena dia badannya panas dingin, dan kadang mengeluh sakit perut Hasilnya: Hb 10 g/dl Pcv 31% Crp pos 96 Neu 28.1% Lym 64.7% Hgb 10 Hct 30.5% Sy sdh dari dokter, sdh diberi obat. Tp anak sy skr suhu badannya 35°c. Anak sy sdh tidak mengeluh sakit perut. Bagaimana ya dok?

    Terima kasih telah bertanya di Alodokter.com

    Kondisi penurunan suhu tubuh yang menurun drastis hingga dibawah 35 derajat celcius merupakan suatu kondisi yang dinamai dengan hipotermia. Kondisi ini membutuhkan pennanganan medis darurat karena jika suhu tubuh berada di bawah titik normal maka fungsi sistem saraf dan organ lainnya akan terganggu. Apabila tidak segera ditangani, hipotermia dapat menyebabkan kegagalan sistem pernafasan dan sistem sirkulasi (jantung), dan akhirnya menyebabkan kematian. Penyebab utama hipotermia adalah pajanan udara dingin. Adapun faktor resiko terjadinya hipotermia adalah usia, dimana bayi dan anak termasuk kelompok usia yang beresiko tinggi karena sistem pengaturan suhunya yang belum sempurna. Bayi yang mengalami hipotermia bisa terlihat sehat, tapi kulitnya akan terasa dingin dan terlihat kemerahan. Bayi juga cenderung sangat diam, terlihat lemas, dan tidak mau menyusu atau makan. Jika anak mengalami keluhan tsb dan disertai dengan suhu dibawah 35 derajat celcius, maka disarankan untuk memeriksakan anak ke dokter anak. Sementara itu, berikut beberapa tips penanganan pertama terhadap hipotermia :

    • Jaga pernapasan tetap lapang
    • Perlakukan penderita dengan hati-hati. Hindari menggosok tangan atau kaki penderita
    • Pindahkan anak ke dalam ruangan atau tempat yang hangat jika memungkinkan. Tetapi jangan langsung memandikan anak dengan air hangat.
    • Lepaskan pakaian pengidap jika basah dan ganti dengan yang kering.
    • Tutupi tubuh anak (terutama bagian perut dan kepala) dengan selimut atau pakaian agar hangat.
    • Berbagi panas tubuh dengan anak, misalnya dengan memeluknya secara hati-hati. Kontak langsung dari kulit ke kulit akan lebih efektif.
    • Berikan minuman hangat jika anak masih sadar dan bisa menelan
    • Gunakan handuk kering yang dihangatkan atau botol berisi air hangat untuk mengompres anak. Kompres ini sebaiknya diletakkan di leher, dada, atau selangkangan.

    Segera konsultasikan kondisi anak dengan dokter spesialis anak berikut hasil laboratoriumnya untuk menentukan diagnosis dan juga penanganan yang paling tepat sesuai dengan kondisi anak Anda.

    Semoga bermanfaat, dr.Previyanti