Tanya Dokter

  • Penyebab keluar cairan kuning kehijauan dari vagina dan berbau ketika kondisi hamil

  • Selamat mlm dok, saya mau tanya.. Kehamilan saya sudah memasuki usia 4 bln. Saya sering merasakan air yg keluar seperti kencing. Air sebut keluar ga begitu banyak tapi cukup gatal ketika air trsebut mengenai bokong saat saya tidur/rebahan. Air trsebut suka keluar sekali/2 kali tiap hari. Apakah itu aman? Pertanyaan kedua, saya juga sering keluar cairan berwarna kuning kehijauan dan berbau amis. Itu kenapa ya dok? Trims.

    Terima kasih telah bertanya di ALodokter.com

    Saat kehamilan akan beresiko terjadinya pengeluaran cairan melalui vagina, selain kencing. Keluarnya cairan bening dan putih bisa disebabkan karena keputihan dan rembesan air ketuban. 

    Jika yang dikeluarkan adalah air ketuban, maka cirinya adalah cairan berwarna bening dan bisa disertai bintik putih. Air ketuban biasanya tidak berbau, tapi bisa juga berbau khas namun tidak menyengat pada sebagian ibu hamil. Air ketuban bisa rembes, menetes, bisa mengalir deras, atau bisa juga tidak disadari oleh ibu hamil.

    Jika yang dikeluarkan adalah keputihan, biasanya tidak sampai membuat celana menjadi sangat basah, tidak berbau, dan berwarna putih. Namun, keputihan dapat berubah warna dan bau atau disertai dengan gatal jika terdapat infeksi pada vagina. Hal inilah yang dapat membahayakan.

    Untuk memastikan kondisi Anda, disarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter secara langsung agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung dan juga penunjang. ang dapat Anda lakukan sementara adalah pastikan vagina Anda dalam keadaan bersih dan terawat agar terhindar dari infeksi dengan cara, banyak minum air putih, gunakan kondom saat berhubungan seksual, basuh vagina dari arah depan ke belakang.