Tanya Dokter

  • Suka teriak dan belum bisa bicara

  •  Halimah Diyah
    Anggota

    Saya punya dua anak laki laki. Yg pertama suka main sendiri dan teriak teriak. Klo keinginannya tidak terlaksana akan ngomong terus mengenai keinginannya. Dia juga kurang konsentrasi.Apakah ini normal? Sedangkan adiknya umur 2,5 tahun belum bisa bicara. Cuma bisa satu kata saja. Ama,apa,air,main. Apakah seusia ini bisa dikatakan normal?

    Hi,

    Perkembangan seorang anak dapat dinilai dari 5 aspek, yaitu ;

    1. gerakan motoric kasar

    2. gerakan motoric halus

    3. kemampuan berbahasa

    4. intelektual

    5. kemampuan bersosialisasi

    Untuk mengatahui perkembangan anak sesuai usianya, dapat ibu temukan secara lebih detail pada laman http://www.cdc.gov/ncbddd/actearly/milestones/index.html

    Dalam melakukan pendeteksian gangguan perkembangan pada anak dapat digunakan sebuah kuesioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan terkait latar belakang pertumbuhan dan proses perkembangan dari waktu ke waktu. Biasanya kuesioner ini dilakukan oleh dokter ahli atau spesialis anak.

    Untuk anak yang pertama, jika ibu merasa tingkah lakunya berbeda dari anak-anak sebaya nya atau teman-temannya di sekolah, Ibu bisa membawanya ke dokter spesialis anak atau ke psikologi anak. Tanyakan juga pada guru sekolah atau perawat yang sering meluangkan waktu dengan anak jika ada tanda atau perilaku anak yang terasa mengganjal.

    Untuk anak yang kedua, mengenai perkembangan wicara, Anda dapat membaca permbincangan berikut dan bahkan ikut berbagi cerita dengan ibu-ibu lain:

    http://www.alodokter.com/komunitas/topic/blum-bisa-bicara/

    Semoga bermanfaat.

    Salam

    dr Henry Andrean

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.