Tanya Dokter

  • Penyebab sulit kencing

  • ibu saya awalnya kena saraf kejepit di pinggul,dan akhirnya di operasi.

    operasi pertama tanpa pasang pen berakhir gagal tahun 2016 kmren krn rasa sakit tidak berkurang dan setelah di MRI lagi,ternyata pusat syaraf kejepit tidak diperbaiki,

    Operasi kedua Desember 2016, pasang pen bisa dibilang gagal krn jarak 10 hari operasi kembali krn darah kotor tidak keluar. hampir 40 hari di rumah sakit dengan posisi 30 hari pakai kateter.

    Operasi ke empat di bulan april 2017 ini dikarenakan pemasangan pen tenyata tertopang tulang yg mulai keropos.

    setelah operasi ke tiga dilanjut ke empat ini pak, pipis ibu saya sulit, rasa mau pipis tapi tidak bisa keluar, BAB pun keras.

    sekarang kaki ibu saya bengkak, efek pipis sulit, musti ngejan,miring kiri kekanan pen nya jadi ngilu gitu.

    sudah makan obat pelancar pipis di kasih dokter,tapi belum berhasil juga.

    menurut dokter, kemana kami musti berobat lagi, disini sudah membawa kedokter penyakit dalam, dokter urologi.yah gitu aja selain obat,musti pasang cabut kateter. nah itu ibu saya tidak sanggup... pedihhh.

    kemaren sduah pernah kami lakukan pasang cabut kateter, tapi kasian dokter, perih,dan seperti infeksi gitu karena sakit.

    jadi apa lagi musti dilakukan, dan menurut dokter penyebab,cara mengatasi dan tindakan apa yang perlu dilakukan lagi.... terima kasih bantuannya dokter

     

    Hai Ivo Mamanya Cheryl. Terima kasih atas pertanyaan anda.

    Susah buang air kecil karena sulit keluar dapat disebabkan banyak hal seperti :

    • Kondisi psikologis
    • Infeksi pada saluran kemih
    • Gangguan pada otot kandung kemih
    • Gangguan pada syaraf
    • Efek samping obat-obatan tertentu
    • Operasi pada saluran kemih
    • Usia 
    • Dll

    Pada kasus ibu anda dimana dilakukan pemasangan kateter dalam waktu lama juga dapat dimungkinkan mempengaruhi BAK. Untuk itu biasanya untuk pelepasan kateter dilakukan bertahap dan sebelum benar-benar terleas dilakuakn pelatihan supaya otot-otot kandung kemih dapat bekerja seperti semula. Selain itu bisa juga disebabkan karena infeksi pada saluran kemih maupun efek dari operasi itu sendiri. usia juga biasanya mempengaruhi dimana padausia tua otot juga bekerja semaksimal dahulu sehingga biasanya pada orang tua sering sulit menahan BAK. Untuk mengetahui penyebab pastinya perlu dikonsultasikan dengan dokter spesialis urologi. Dokter akan melakukan pemeriksaan mulai dari menanyakan seputar keluhan, pemeriksaan fisik, dan jika memang diperlukan pemeriksaan penunjang seperti USG, rontgen, lab urin, CT Scan, ataupun MRI tergantung dari indikasi medis oleh dokter.

    Semoga bemanfaat.

    Salam, dr. Dian