Tanya Dokter

  • Penyebab sulit mengatur pernapasan

  • Selamat sore dok,saya sering mengalami kesulitan dalam mengatur pernapasan jika cuaca terlalu dingin dan saat terlalu lelah.sehingga saya pada saat itu mengalami sesak nafas dan sulit mengaturnya sehingga sesak nafas itu berlangsung sangat lama kurang lebih 1 jam bahkan pernah 2 jam Apakah penyakit yang saya derita? Sekian atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih dan selamat sore

    Kemungkinan penyebab keluhan yang anda alami yakni asma. Asma merupakan proses peradangan pada saluran nafas yang menyebabkan penyempitan saluran nafas dan pasien merasa sesak atau tercekik. 

    KEmungkinan lain yakni anda mengalami penyakit paru obstruksi kronis / PPOK, yang faktor resikonya yakni anda seorang perokok baik aktif maupun pasif. 

    Atau kemungkinan lain anda memiliki gangguan jantung, dimana gangguan jantung dapat menyebabkan seseorang merasakan gejala sesak dan kelelahan bahkan ketika beraktifitas fisik ringan.

     

    Gejala asma yaitu :

    -Sesak saat bernafas

    -Timbul bunyi saat bernafas

    -Nyeri dada

    -Jantung berdebar-debar

    -Batuk, biasanya batuk berdahak.

    -Sulit tidur atau berbaring, gelisah

     

    Serangan asma dicetuskan oleh berbagai faktor yaitu alergi, polusi udara, asap rokok, cuaca panas maupun dingin, infeksi pada saluran nafas, kelebihan berat badan. Seringkali asma dikaitkan dengan faktor keturunan dimana orangtua mengalami asma umumnya anak juga mengalami asma.

    Apabila serangan asma kambuh segeralah pergi ke fasilitas kesehatan untuk mendapakan pertolongan. Pasien seringkali akan di uap dengan obat yang dapat melegakan saluran nafas. Apabila keluhan terus menerus berulang pasien dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis paru agar serangan asma dapat terkontrol.

     

    Agar memastikan kondisi anda saya sarakan anda segera berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam, sebab mendiagnosa suatu penyakit dokter harus melakukan wawancara dan melihat langsung kondisi pasien. Dokter akan melakukan wawancara, pemeriksaan terhadap anda dan dilakukan pemeriksaan penunjang berupa pemeriksaan darah maupun foto rontgen dada.

     

    Berikut artikel mengenai Asma 

     

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Natalia