Tanya Dokter

  • mengatasi gangguan tidur di malam hari

  • pagi. dok. sudah 2 minggu ini saya tidur hanya 1 sd 2jam selama tidur malam dengan kondisi selalu terbangun, bahkan ada hari-hari dimana saya tidak tidur sama sekali. mohon sarannya

    Hai Agung, Keluhan sulit tidur yang Anda alami secara medis disebut sebagai insomnia, yaitu kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak bisa tidur cukup lama sesuai kebutuhan, meskipun ia memiliki waktu yang cukup untuk tidur. Gejala insomnia antara lain sulit tidur, terbangun pada malam hari dan tidak bisa tidur kembali, merasa lelah, konsentrasi berkurang, gangguan mood, dan sebagainya. Insomnia dapat disebabkan oleh berbagai kondisi medis berikut ini:

    1. Gangguan psikologis: stres psikis, depresi, kecemasan, skizofrenia, gangguan bipolar
    2. Gangguan fisik:
    3. Pola hidup yang buruk:
      • Pola tidur yang tidak teratur
      • Bekerja dengan waktu yang tidak tetap
      • Kebiasaan mengonsumsi makanan dalam jumlah besar menjelang waktu tidur
      • Konsumsi kafein, alkohol dan nikotin
    4. Lingkungan tidur yang tidak nyaman
    5. Konsumsi obat tertentu
    6. dan sebagainya
    Bila Anda mengalami kesulitan tidur maka berikut ini tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya:
    • Mengatur jadwal tidur yang teratur
    • Membuat ruangan tidur senyaman mungkin
    • Gunakan pencahayaan yang redup agar tubuh dapat beristirahat dengan lebih baik
    • Hindari bekerja atau nonton TV di kamar
    • Hindari makan besar 2 jam menjelang waktu tidur
    • Hindari aktivitas berat menjelang tidur
    • Hindari konsumsi kafein (kopi, teh, minuman energi), alkohol dan rokok pada sore atau malam hari
    • Membatasi tidur siang
    • Berolahraga ringan secara rutin
    • Lakukan relaksasi
    • Membangun pikiran positif
    • Meminimalisir stres
    Namun jika keluhan tidak kunjung teratasi maka Anda dapat berkonsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Melalui serangkaian wawancara klinis, pemeriksaan fisik dan tes penunjang (jika diperlukan) dokter akan menelusuri penyebabnya dan menentukan penanganan yang tepat bagi Anda. Dokter mungkin akan menganjurkan terapi perilaku kognitif/CBT ataupun meresepkan obat tidur untuk membantu proses tidur. Informasi berikut ini dapat berguna: Menyiasati insomnia Cara tidur nyenyak ternyata tidak sulit Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman