Tanya Dokter

  • Pengaruh sakit perut setiap menstruasi dan mual terhadap sulit hamil

  • siang dok, dok, apakah bner kalo saat mens prut selalu sakit, bawaannya pngen muntah, trus lemes itu bakalan susah hamilnya?? mohon solusi buat mengatasinya dok. terimakasih :)

    Hai Pada wanita terutama usia muda, dapat disertai nyeri saat menstruasi, terutama pada 1-2 hari pertama dan nyeri akan berkurang. Ini merupakan hal yang normal terjadi yang diakibatkan oleh kontraksi rahim, peradangan serta hormonal. Berat ringannya nyeri dapat berbeda pada tiap wanita. Selain nyeri juga dapat disertai gejala lain seperti mual, mencret, nyeri pinggang, sakit kepala dan nyeri pada payudara. Kondisi ini dinamakan dismenore primer, dimana nyeri mensruasi tanpa kelainan apapun dari rahim dan indung telur. Pada dismenore primer sama sekali tidak menyebabkan gangguan kesuburan. Penanganan yang Anda dapat lakukan untuk mengurangi nyeri antara lain:

    • Mengompres hangat pada perut bagian bawah
    • Beristirahat dengan berbaring
    • Mandi air hangat
    • Berolahraga rutin teratur, dapat mencegah nyeri menstruasi
    • Mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen bila tidak ada kontraindikasi.
    Sedangkan pada dismenore sekunder dimana nyeri haid akibat dari gangguan pada organ kandungan, misal: Dapat mempengaruhi kesuburan. Biasanya dismenore sekunder, nyeri menstruasi berkepanjangan dan dapat disertai gejala lain seperti gangguan siklus menstruasi, menstruasi berlebihan, keputihan, dsb. Penanganan pada dismenore sekunder tergantung pada penyebabnya. Untuk mengetahui pastinya diperlukan pemeriksaan USG oleh dokter untuk melihat keadaan rahim dan indung telur. Informasi mengenai penyebab dari nyeri saat menstruasi dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Mewaspadai nyeri menstruasi yang tidak tertahankan. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william