Tanya Dokter

  • Berat badan semakin menurun setelah penggunaan KB suntik 3 bulan

  •  eka genta
    Anggota
    dok saya eka, sudah 2 kali saya memakai suntik kb 3 bulan setelah melahirkan namun semakin hari badan saya mengecil mulanya saya agak berisi dan skrng mnjadi kurus, saya juga setiap bulan datang bulan namun hnya flek dan kmrin aga lumayan bnyk. apakah tidak cocok kb trsbut di tubuh saya dok? mohon pnjlasannya

    Hai Eka Genta. KB suntik 3 bulan merupakan salah satu jenis kontrasepsi hormonal yang mengandung hormon progesteron. Secara umum, kontrasepsi hormonal memiliki cara kerja untuk mencegah terjadinya ovulasi (pematangan sel telur) serta meningkatkan konsistensi lendir serviks sehingga menyulitkan sperma untuk lewat ke rahim. Kontrasepsi hormonal sendiri selain KB suntik, ada juga dalam bentuk KB pil dan implan. Kesemuanya ini secara umum memiliki efek samping berupa peningkatan berat badan, menstruasi yang tidak teratur berupa bercak, siklus yang tidak teratur atau bahkan tidak menstruasi sama sekali. Selain itu, efek samping lain seperti nyeri kepala, nyeri perut. 

    Kondisi anda yang semakin menjadi kurus sendiri perlu dicari penyebabnya apakah memang ada ketidakcocokan, ataukah ada penyebab lain seperti stres, kesibukan yang padat, pola makan tidak teratur, adanya kondisi klinis tertentu seperti hipertiroid. 

    Konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi yang anda alami untuk informasi lebih lanjut. Hal yang anda dapat lakukan yakni 

    1. Menjaga pola makan teratur dengan gizi seimbang dan perbanyak konsumsi air putih 

    2. Istirahat cukup 

    3. Kelola stres

    4. Olahraga teratur 

    Berikut mengenai KB suntik dan kontrasepsi. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa