Tanya Dokter

  • Mengatasi kehamilan ektopik, apakah harus dengan operasi?

  •  Qoriay
    Anggota
    Malam dok saya 23 tahun, selama 2 bulan ini br ketahuan saya hamil diluar kandungan. Yang saya mau tanyakan apakah suntik Methotrexate ampuh menghambat pertumbuhan janinnya? Atau memang harus di oprasi?

    Halo,

    Kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik) merupakan kehamilan yang terjadi di luar rahim (umum terjadi di daerah saluran telur). Kehamilan ini akan menjadi bermasalah ketika saluran telur robek sehingga dapat menyebabkan perdarahan dan merupakan suatu keadaaan akut abdomen yang harus diatasi segera.

    Penanganan kehamilan ektopik umumnya melalui operasi. Akhir-akhir ini penyuntikan metotreksat dapat menjadi pilihan lain pengobatan. Dalam salah satu literatur disebutkan bahwa, di Amerika Serikat, pengobatan metotreksat pada kehamilan ektopik semakin bertambah sedangkan pengobatan kehamilan ektopik melalui operasi berkurang.

    Pemilihan pengobatan kehamilan ektopik hanya dapat ditentukan oleh dokter spesialis kandungan. Berikut ini contoh indikasi pengobatan metotreksat pada kehamilan ektopik:

    • kondisi umum stabil dan tidak ada tanda ruptur (misalnya: tidak ada tanda saluran telur robek)
    • kantong kehamilan kurang dari sama dengan 3,5 cm
    • kadar beta hCG kurang dari sama dengan 5000 mIU/mL

    Keadaan tertentu tidak memperbolehkan pasien menjalani pengobatan misalnya fungsi ginjal yang kurang baik. Setelah pengobatan metotreksat, pengobatan dapat berhasil, namun dapat juga terjadi kegagalan (misalnya pada beta hCG tinggi).

    Kami anjurkan Anda mendiskusikan pengobatan yang terbaik dengan dokter kandungan Anda.

    Semoga bermanfaat,

    dr.Mira