Tanya Dokter

  • Pencegahan keloid yang tepat

  •  jail.fitri
    Anggota

    Dear Dokter,

    Saat ini saya sedang hamil 38w. Saya memiliki bakat keloid (yg saya ketahui dari operasi kecil yang pernah saya lakukan ).

    Yang saya tahu, bila persalinan dengan cesar, dapat meminta diberikan suntikan antikeloid ya?

    Namun bila menjalani persalinan normal dan ada jahitan dari persalinan, apakah akan diberikan suntikan antikeloid juga dok? Dan untuk suntikan nya kapan akan diberikan?

    Seberapa ampuh hal itu mencegah munculnya keloid pasca persalinan? Terima kasih.

    jail.fitri  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Jail,

    Keloid adalah kondisi bekas luka yang menjadi benjolan tebal berwarna kemerahan atau kecoklatan. Keloid terjadi akibat jaringan parut tumbuh secara terus menerus dan umumnya akan tumbuh pada orang yang memiliki "bakat" keloid.

    Pencegahan utama keloid adalah dengan menjaga agar tubuh tidak terluka. Pencegahan lainnya tidak terlalu banyak membantu, tetapi bisa saja Anda lakukan misalnya dengan konsumsi makanan sehat, bergizi, dan banyak megandung vitamin C, vitamin E dan protein seperti jeruk, lemon, jambu biji, ikan, telur.

    Apabila Anda memiliki bakat keloid, maka Anda tidak perlu khawatir dulu ya karena keloid belum tentu akan muncul kembali ketika mengalami luka. Karakteristik keloid sangat bervariasi pada tiap pasien. Keloid juga tidak berbahaya tetapi memang bisa mengganggu penampilan. Penanganan keloid umumnya akan dilakukan setelah luka sembuh. Jika memang nantinya muncul keloid pada bekas jahitan caesar maupun normal, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit agar bisa dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk mengetahui kondisi keloidnya sehingga dokter bisa memberikan penanganan yang paling tepat.

    Beberapa penanganan keloid yang bisa diberikan diantaranya yaitu balut tekan bersilikon ketika luka masih baru untuk membantu mencegah pertumbuhan jaringan berlebih, suntikan kortikosteroid langsung pada keloid, suntikan flourouracil, laser, cryotherapy, radiasi, interferon, dan operasi. Jenis penanganan akan disesuaikan dengan kondisi pasien ya.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Keloid

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y