Tanya Dokter

  • suplemen vegeblend untuk penderita asam lambung

  •  mailuhu ecy
    Anggota
    dok saya mau tanya apakah orang yg punya penyakit asam lambung bisa menkonsumsi suplemen vegeblend???

    Hai mailuhu,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Vegeblend merupakan produk yang dibuat dari ekstrak sayur-sayuran yang diolah dengan teknologi freeze drying (beku dingin). Di antara jenis sayur-sayuran tersebut adalah asparagus, alfalfa, brokoli, kubis, kale, wortel, tomat, bit, bayam, ketimun, kol hijau, seledri, lobak, kacang polong, dan sebagainya.

    Suplemen ini dapat digunakan apabila Anda memiliki kendala dalam mengkonsumsi sayur-sayuran, misalnya pada anak yang sulit makan, orang yang mengalami konstipasi (sembelit), serta juga untuk menambah stamina. 

    Penderita dispepsia (peningkatan asam lambung) sebenarnya tidak dilarang mengkonsumsi suplemen ini. Namun, karena sayur-sayuran tersebut berpotensi meningkatkan produksi gas dalam saluran pencernaan, sebaiknya Anda hindari mengkonsumsi suplemen ini dalam keadaan perut kosong atau saat sedang terjadi rasa tidak nyaman di ulu hati (misalnya nyeri, perih, sesak, mual, panas, kembung, dan sebagainya).

    Selain itu, perlu juga Anda ketahui, bahwa sayur-sayuran segar yang diolah secara alami akan jauh lebih baik dibandingkan dengan suplemen instan. Karenanya, jika Anda tidak memiliki kendala terkait nafsu makan, sebaiknya perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan secara alami ya.. Hindari konsumsi obat atau suplemen apapun dalam jangka panjang tanpa pengawasan dokter.

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah