Tanya Dokter

  • Suplemen untuk lemas, kulit keriput dan kurus

  •  Abdul Latif
    Anggota

    saya komsumsi allopurinol pagi hari, sekitar jam 7 malam saya minum livitor 20 dan menjelang tidur malam saya minum amlodipine 20 dok ! setelah rutin minum obat tsb kenapa perasaan saya lemas, kulit keriput dan kurus, suplemen vitamin apa sebaiknya saya komsumsi dok? terima kasih jawabannya

    Hai, Rasa lemas dapat disebabkan oleh berbagai hal, antara lain:

    • Stress dan kelelahan fisik
    • Merokok berlebihan
    • Gejala pra-infeksi
    • Kencing manis
    • Infeksi virus, bervariasi dari ringan seperti batuk pilek sampai yang berat seperti hepatitis atau HIV
    • Penyakit yang mendasari alasan mengapa Anda minum obat sebelumnya, misalnya sakit jantung
    • Infeksi menahun, misalnya TBC
    • Anemia (jarang pada laki-laki)
    • Gangguan kesehatan mental, seperti depresi
    • Keganasan
    • Dan sebagainya
    Berbagai rasa lemas ini ada yang berbahaya, dan ada juga yang relatif tidak berbahaya (dalam arti akan sembuh dengan sendirinya dengan istirahat dan mengonsumsi makanan bergizi). Bagaimanapun, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke Dokter untuk mendapatkan penggalian riwayat dan pemeriksaan fisik secara langsung untuk menyingkirkan penyebab yang berpotensi berbahaya. Untuk sementara waktu, Anda dapat mencoba untuk:
    • Mengelola stress dengan baik
    • Istirahat cukup setiap harinya, hindari bergadang
    • Perbanyak asupan buah dan sayuran - ini penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi alami agar kulit Anda dapat tampak cerah kembali
    • Kurangi dan usahakan berhenti merokok; kebiasaan merokok bisa mengusamkan kulit
    • Olahraga teratur seperti jogging, bersepeda dan berenang - ini berguna untuk mengontrol kadar kolesterol dan darah tinggi Anda
    Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma