Tanya Dokter

  • manfaat suplemen zinc

  •  Kartika Putri
    Anggota

    Apakah benar jika suplemen zinc dapat digunakan untuk menambah berat badan dan tinggi badan? Perempuan, Umur 18 tahun, tinggi 152 cm, berat badan saya 38kg.

    Halo Kartika, Terima kasih atas pertanyaannya. Zinc merupakan <span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh, bermanfaat </span><span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">untuk membantu penyembuhan luka, berperan dalam indera perasa dan penciuman, memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu pertumbuhan sel, serta mengurai karbohidrat. Jadi sebenarnya hubungan langsung antara konsumsi suplemen zinc dengan kenaikan berat badan dan tinggi badan tidak ada, namun apabila Kamu mengonsumsi zinc dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan, maka indera perasa dan penciuman menjadi baik, sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat, yang kemudian secara tidak langsung akan menambah nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh kemudian berat badan pun dapat menjadi naik.</span> <span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">Asupan zinc yang cukup biasanya dapat kita peroleh dari makanan, misalnya daging merah dan unggas, tiram, kacang-kacangan, sereal biji-bijian utuh, serta produk susu. Jumlah zinc yang diperlukan tubuh tidaklah banyak. Kadar zinc yang berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan keracunan.</span> <span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">Menambah tinggi badan terkadang menjadi hal yang membingungkan. Meski ada beberapa cara untuk menambahkan tinggi badan, jangan tergoda dengan iklan obat atau suplemen yang mengklaim bisa merangsang pertumbuhan tinggi badan. </span><span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">Kurangnya tinggi badan seseorang bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu, kurangnya asupan gizi, penyakit kronis, dan genetik.</span> Langkah berikut dapat dilakukan untuk menambah berat badan dan tinggi badan :

    • Konsumsi makanan sehat secara teratur, <span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">yang mengandung kalsium dan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang seperti susu, bayam, kubis, ikan, jamur, brokoli. Selain kalsium dan vitamin D, konsumsi juga makanan yang mengandung protein tanpa lemak seperti daging ayam, </span><span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">ikan serta makanan yang mengandung zinc seperti kepiting, labu, kacang</span>
    • Makanlah dengan teratur: sarapan, selingan pagi, makan siang, selingan sore, makan malam
    • Rutin berolahraga minimal 3 x dalam seminggu selama 30-45 menit
    • Tidur yang cukup, hindari begadang
    • Jauhi hal yang menghabat pertumbuhan tinggi badan: merokok, suplemen yang mengandung steroid, kafein (kopi, teh, coklat, minuman soda)
    Demikian smeoga bermanfaat, dr.Annes