Tanya Dokter

  • Susah BAB pada penderita diabetes

  •  Dicky Sukamto
    Anggota

    dokter saya mau tanya,

    saya agak susah bab setiap harinya, saya penderita diabetes. Saya sudah mengikuti saran dokter seperti banyak minum air putih, makan buah seperti pepaya, tomat, apel dll, serta saya juga rajin makan sayur seperti sawi, kailan, dll dan juga rutin berolah raga tiap pagi seperti treadmil 30 menit tiap harinya.

    Tetapi tetap susah bab tiap harinya. Memang bisa saya bab kalau minum laxing hanya waktu bekerjanya cukup lama sekitar 12 jam setelah minum obatnya kadang pun tidak bereaksi (2 kaplet sekali minum) hal ini sangat mengganggu saya dalam bekerja karena kalaupun bereaksi bab berulang ulang dan perut terasa kembung.

    Melalui rubrik ini saya mohon bantuannya kepada ibu dokter.

     

    Best Regards,

     

    Dicky Sukamto <div id="__if72ru4sdfsdfrkjahiuyi_once" style="display: none;"></div> <div id="__if72ru4sdfsdfruh7fewui_once" style="display: none;"></div> <div id="__zsc_once"></div> <div id="__hggasdgjhsagd_once" style="display: none;"></div>

    Halo,   Anda bisa menggunakan beberapa jenis obat lain yang bisa membantu BAB/ mengatasi konstipasi  Anda tanpa menimbulkan mulas berlebih dan kembung seperti :

    1. Laktulax syrup = akan memberikan reaksi +/-10 jam seteleh konsumsi namun tidak menimbulkan reaksi lanjutan seperti mulas dan kembung.
    2. Microlax Supp = memberi reaksi cepat (15 menit- 30 menit setelah aplikasi), dan tidak disertai efek lanjutan.
    3. Gliserol
    Jika dengan pola makan yang sudah Anda sebutkan namun BAB Anda masih sulit (keras) maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter terdekat. BAB yang bermasalah bisa disebabkan karena permasalahan saluran cerna lain yang serius dan memerlukan pemeriksaan medis secara seksama seperti :
    • Gangguan usus besar
    • Prolaps rektum
    • Tumor usus besar
    • Kanker usus
    • gangguan metabolik = diabetes, gangguan tiroid dll.
    Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah :
    1. Konsumsi serat tinggi dari buah dan sayuran = pepaya, pisang, buah naga, kailan, bayam, kangkung, asparagus, berry, bokcoy dll.
    2. Cukupi kebutuhan cairan tubuh = minimal 2 liter per hari.
    3. Olahraga ringan teratur = jalan, joging, berenang.
    4. Cukupi asupan kalori dari makanan gizi seimbang = nasi, lauk dan pauk, Hindari diet berlebih/ ketat yang justru akan memperburuk BAB Anda.
    5. Hindari stress
    6. Perhatikan konsumsi obat pencahar Anda.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi