Tanya Dokter

  • Solusi atasi bayi sulit BAB

  •  Tony Santos
    Anggota
    halo dok, saya punya baby usianya baru 40 hari... dan sudah 1 minggu belum BAB juga, padahal biasanya 1 hari bisa 4-5 kali ...tapi tidak rewel Dok. dan itu berbahaya apa tidak ya dok,? mohon di jawab dan solusinya.. terima kasih

    Hai,

    BAB pada bayi yang menyusui dapat bervariasi dari sesering 4-6 kali sehari sampai sejarang 1 kali seminggu. Sepanjang tinja bayi tidak keras, bayi tidak tampak kesakitan saat BAB, pertambahan berat badan bayi cenderung stabil, perkembangan bayi baik (mis. fungsi motorik dan sosial), tinja bayi tidak berdarah/berwarna hitam/berwarna pucat seperti dempul, biasanya hal tersebut masih tergolong normal. Frekuensi BAB bayi dan warna BAB bayi (kadang bisa kehijauan) dapat sedikit menyimpang dari normal terutama jika bayi diberikan susu formula; hal ini biasanya berkaitan dengan komposisi air saat pembuatan susu dan komposisi zat makanan yang dikandung di dalam susu tersebut (interaksi antara kuman usus dan zat makanan dalam susu dapat mengakibatkan perubahan warna tinja).

    Namun demikian, ada baiknya Anda periksakan ke Dokter / Spesialis Anak (Sp. A) untuk memastikan bahwa bayi ibu baik-baik saja karena terdapat beberapa kondisi yang dapat mengakibatkan sembelit pada bayi, misalnya hipotiroidisme dan penyakit Hirschprung. Sementara waktu, bayi dapat diberikan ASI lebih sering, kaki bayi dapat dibantu digerak-gerakkan seperti sedang bersepeda dan pijat lembut (baby massage) perut bayi dapat membantu merangsang gerakkan usus bayi.

    Baca juga artikel tentang sembelit pada bayi.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma