Tanya Dokter

  • Susah BAB setelah minum obat asam lambung

  •  Tony19
    Anggota

    Selamat sore Dok, saya ingin bertanya. 5 hari lalu saya menderita asam lambung yang agak parah. setelah ke dokter saya diberikan 2 macam obat yaitu; Omeprazole 20mg dan Ondansetron 4mg untuk diminum selama 4 hari. sekarang obat tersebut sudah habis dan asam lambung saya sudah tidak nyeri ataupun perut terasa keras. tapi sekarang ini sudah sejak saya minum kedua obat tersebut saya tidak bisa BAB. yang ingin saya tanyakan, apakah boleh saya minum obat sembelit Dulcolax tablet? apakah tidak berpengaruh negatif pada lambung saya nantinya? Terima kasih atas infonya Dok.. Salam...

    Salam,

    Dari info yang Anda sampaikan, keluhan yang Anda rasakan disebut juga dengan konstipasi atau gangguan kesbiasaan BAB atau sulit BAB. Sedangkan riwayat pengobatan yang Anda dapatkan adalah pemakaian omeprazol serta ondansetron,  Kemungkinan keluhan konstipasi yang Anda alami dapat disebabkan oleh efek samping dari obat. Kedua jenis obat tersebut dapat menyebabkan keluhan efek samping konstipasi, sakit kepala, serta perut tidak nyaman. Namun, efek samping dari obat dapat dialami secara berbeda-beda pada masing-masing pasien.

    Dengan demikian, bila keluhan konstipasi ini Anda alami sudah 4 hari, maka sebaiknya Anda tidak menggunakan oabat pencahar trlebih dahulu, namun, sebaknya Anda bantu dengan beberapa usaha:

    1. olah raga rutin. seperti joging atau berenang

    2. cukupi air putih

    3. tidur yang cukup, jangan larut malam

    4. tambahkan asupan makanan berupa sayur berserat, buah, biji-bijian (seperti kacang)

    5. hindari makanan pedas, mie, bakso dan makanan berlemak

    6. kompres perut Anda bagian bawah pusar dengan air hangat dua kali sehari selama masing-masing 10-15 menit

    Sehingga hindari penggunaan obat pencahar kecuali dokter Anda memberikan rekomendasi pemakaiannya setelah dokter melakukan pemeriksaan fisik.

    Pengobatan sebaiknya tidak dilakukan secara mandiri, namun lakukan lah setelah mendapatkan pemeriksaan oleh dokter Anda.

    Diharapkan, setelah sistem pencernaan Anda sudah membaik secara keseluruahan, usus akan memberikan dorongan untuk BAB.

    Demikian info yang  bisa kami sampaikan, baca juga konstipasi.

    dr. Ulfi