Tanya Dokter

  • Solusi atasi susah buang air besar

  •  VioMita
    Anggota
    Selamat malam dok, maaf sya mau tanyak Dlm minggu ini sya sering terasa mules di perut trus BAB dok nah ktika saya BAB tidak keluar susah kluar.mohon bantuan dokter untuk masalah pnyakit ini dan apa obatnya sya minta saran. Terima kasih.

    Halo VioMita, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Feses yang sulit keluar saat buang air besar mungkin disebabkan oleh feses yang kering dan besar ukurannya. Feses yang kering dan besar ukurannya seringkali disebabkan oleh kondisi konstipasi. Konstipasi paling sering disebabkan oleh pola hidup yang kurang baik, seperti kurang makan makanan berserat, terlalu banyak makan makanan yang mengandung lemak dan gula, kurang minum, konsumsi alkohol dan kafein berlebihan, serta kurang beraktivitas seperti berolahraga dan banyak duduk. Konstipasi juga dapat terjadi karena kemungkinan-kemungkinan lainnya, beberapa diantaranya adalah:

    1. Kebiasaan menahan BAB
    2. Penyempitan usus atau striktur usus
    3. Obstruksi atau sumbatan pada usus, misalnya karena tumor, kanker usus, ataupun ileus
    4. Rektokel atau kondisi dimana terjadi penonjolan bagian rektum ke vagina
    5. Divertikulosis atau terbentuknya kantung-kantung kecil yang terbentuk pada bagian usus besar karena kelemahan pada beberapa bagian dinding usus
    6. Penyakit tertentu seperti diabetes (gula darah tinggi), hiperparatiroid (kelebihan hormon paratiroid), hipotiroid (kekurangan hormon tiroid)
    7. Infeksi saluran cerna
    8. Kondisi paska stroke
    9. Paska operasi
    10. Efek samping obat-obatan tertentu
    11. Kehamilan
    12. Dan lain sebagainya

     

    Bila konstipasi yang anda alami berkaitan dengan pola hidup yang kurang baik, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda coba lakukan:

    1. Mengubah pola makan, yaitu banyak makan makanan berserat seperti buah dan sayur, konsumsi karbohidrat berupa gandum utuh atau beras merah
    2. Banyak minum air putih, setidaknya 2 liter sehari
    3. Olah raga teratur dan banyak beraktivitas yang menggerakkan tubuh
    4. Jangan menahan keinginan BAB
    5. Hindari duduk terlalu lama
    6. Kurangi konsumsi daging, makanan berlemak, dan gula
    7. Kurangi konsumsi alkohol dan kafein
    8. Bila feses sangat keras dan sulit dikeluarkan, anda juga dapat menggunakan pelunak feses atau pencahar seperti laktulosa atau garam magnesium (garam inggris).

     

    Bila kondisi konstipasi yang anda alami tidak dapat teratasi dengan cara-cara yang telah disebutkan di atas, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih mendalam untuk mencari ada tidaknya penyebab lain yang menyebabkan kondisi konstipasi pada anda. Dokter dapat melakukan pemeriksaan seperti pemeriksaan darah lengkap, elektrolit, level hormon tiroid dan paratiroid, fungsi hati dan ginjal, kolonoskopi, CT scan perut, dan pemeriksaan lain bila diperlukan. Terapi dari dokter akan menyesuaikan dengan penyebabnya. Segera pergi ke dokter bila anda mengalami hal-hal berikut ini:

    1. Tidak bisa BAB hingga lebih dari 1 minggu
    2. Tidak bisa buang angin atau kentut
    3. Terdapat nyeri perut hebat dan perut teraba keras seperti papan
    4. Perut sangat membuncit
    5. Terdapat muntah-muntah hebat
    6. Muntah berwarna kehijauan

     

    Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat

     

    dr. Irna Cecilia