Tanya Dokter

  • susah buang air kecil

  • Pagi dok.. Sy Rifky 35 th. Istri sy Irma umur 35thterkadang suka susah buang air kecil sehingga sy sering bw ke dokter untuk di selang.. Bagaimana cara penanggulangi supaya tidak terjadi susah buang air kecil lg.

    Halo,   Untuk mencegah keluhan susah buang air kecil terjadi kembali maka Anda dan istri perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, karena dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan bisa diberikan atau dilakukan pencegahan yang sesuai dengan kondisi masing masing. Beberapa kemungkinan penyebab keluhan istri Anda adalah :

    1. Infeksi saluran kencing.
    2. Gangguan pada sistem syaraf = trauma, kecelakaan, paska melahirkan, diabetes, Stroke, infeksi otak, gangguan saraf tulang belakang.
    3. Efek samping obat tertentu
    4. Paska operasi besar yang melibatkan organ kemih
    5. Kondisi psikis tertentu.
    6. Striktur uretra = penyempitan saluran kencing bisa diakibatkan karena seringnya terjadi ISK yang tidak sembuh total.
    7. Tumor saluran kemih
    8. dll
    Untuk mengetahui penyebab keluhan istri Anda maka pemeriksaan secara menyeluruh kondisi istri Anda oleh dokter ahli urologi akan diperlukan. Dokter akan melakukan tes fisik dan tes medis yang diperlukan seperti USG, CT SCAN, tes darah dll. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan sesuai bisa diberikan agar keluhan tidak kambuh atau bisa dikontrol dengan baik. Anda bisa mencoba menempelkan kompres hangat pada perut bawah agar merangsang kencing, memijat lembut bagian perut bawah untuk merangsang kencing, dan menghindari kebiasaan menahan pipis. Perbanyak minum air putih, lakukan oleharaga teratur dan hindari serta kelola stress Anda. Semoga bermanfaat.   Dr. Yusi