Tanya Dokter

  • Susah buang air kecil setelah operasi kanker serviks

  •  Ayu laras
    Anggota
    Malam dok , mau bertanya ibu saya sudah operasi kanker serviks stdium 2B kemarin sudah angkat rahim .. setelah operasi ibu mengunakan kateter dan seminggu sudah di lihat urine bagus tapi katanya masih di atas 300 cc setelah lepas kateternya pun ibu saya sudah minum air putih dengan cukup tapi setelah 6 jam pun tidak ada reaksi untuk buang air kecil .. kemungkinan besar penyebabnya karna apa ya dok ..

    Salam,

    Pasien kanker serviks dengan Stadium 2B menunjukkan kanker serviks telah menyebar pada jaringan sekitar serviks (parametria) dan belum menyebar ke kelenjar getah bening sekitar serta belum menyebar ke organ jauh. Dengan demikian adanya gangguan kencing yang dialami kemungkinan bukan merupakan sebaran kanker serviks (namun perlu dipastikan oleh dokter yang merawat) namun kemungkinan dapat disebabkan oleh komplikasi lamanya pemakaian kateter yang sebelumnya digunakan. 

    Pada pasien dengan riwayat pemakaian kateter dan dengan riwayat setelah operasi, komplikasi setelah pemakaian kateter dapat dirasakan berupa infeksi saluran kencing, perlukaan pada saluran kencing sehingga menyebabkan hambatan aliran kencing.

    Dengan demikian, bila kondisi ini berlangsung, sebaiknya dilakukan pemeriksaan dan evalausi untuk mencegah sumbatan total aliran kencing yang beresiko menyebabkan keluhan nyeri karena air kencing tertahan di kandung kemih.

    Konsulkan segera ke dokter kandungan yang merawat Ibu, sehingga dokter dapat memberikan saran untuk mengoreksi keluhan ini.

    Sebaiknya pasien tetap mencukupi kebutuhan air putih untuk mendapatkan kecukupan cairan tubuh dan mencegah resiko infeksi saluran kencing lebih mengganggu.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga diskusi.

    dr. Ulfi