Tanya Dokter

  • susah hamil padahal ingin sekali hamil, apakah saran dokter?

  • Haallo Dok, saya Rina 20thun 7bulan menikah. Dok saya ingin sekali hamil? Tapi mengapa susah sekali ya donk? Karna mungkin saya tidak tau masa Subur saya? Karna masa haid saya itu tidak teratur di setiap bulan nya dok? Dengan tanggal yang berbeda-beda, kadang-kadang maju dan Kadang-kadang mundur dok? Saya khawtir dengan kondisi haid saya yang seperti itu? Dok, apakah mempengaruhi kualitas Sperma apabila suami saya kerja pagi pulang mlm sampai lembur? Sebaiknya kalau honeymoon berapa lama waktu dan tepatnya saya setelah haid atau sebelum haid? Dok, umumnya berhubungan intim itu berapa menit dok? Secara natural dan tidak memakai jamu ataupun obat? Dok, cairan putih susu yang keluar dari vagina apakaah itu cairan berbahaya dok? Dok, memakai pembersih vagina seperti sumber ayu itu apakah boleh, karna saya masih baru menikah? Dok, mohon di jawab semua pertanyaan saya ya dok? Terimakasih :)

    Kenapa gak di jawab dokter, sedangkan yang lain di jawab?? :(

    Halo,

    Untuk mengetahui kenapa susah hamil perlu dilakukan tes kesuburan (Anda dan pasangan) sehingga dapat diketahui apakah terdapat kondisi medis yang menyebabkan sulit hamil contohnya ini dan ini. Sehingga periksakanlah kesuburan Anda dan pasangan ke dokter kandungan untuk mendapatkan jawaban pasti atas kondisi Anda

    Dalam memudahkan mengetahui masa subur Anda dapat menggunakan alat bernama ovu test yang dijual di apotik. Bacalah petunjuk penggunaan pada kemasan ovu test untuk mendapatkan keterangan lebih lengkap sebelum menggunakannya.

    Jika Anda mengalami gangguan menstruasi sebaiknya diperiksakan ke dokter kandungan agar dapat diketahui penyebabnya. Sebab untuk menegakkan diagnosis kenapa hal tersebut terjadi pada Anda tidak dapat hanya melalui perbincangan semata melainkan diperlukan pemeriksaan secara menyeluruh dan tes medis (misalnya USG perut/transvaginal, tes laboratorium,dll sesuai kebutuhan). Jangan segan untuk bertanya mengenai kondisi Anda kepada dokter kandungan yang memeriksa Anda sebab beliau yang lebih memahami kondisi medis Anda yang sesungguhnya sesuai dengan hasil pemeriksaan medis yang telah dilakukannya.

    Kualitas sperma dapat diketahui melalui tes kesuburan.

    Tidak ada patokan ilmiah mengenai berapa lama hubungan intim,ataukah pemakaian obat kuat/jamu, dan kapan persisnya harus berhubungan seksual sebab anak adalah anugerah dari Tuhan YME sehingga sehebat apapun kita berusaha jika memang belum saatnya diberikan momongan maka tetap saja usaha tersebut tidak akan berhasil walau kita sudah berusaha untuk menciptakan suasana yang sesempurna mungkin.

    Jangan menyerah/berkecil hati jika belum hamil. Langkah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang hamil :

    • Mengatur frekwensi hubungan intim. Sebetulnya tidak ada batasan mengenai berapa kali frekwensi yang sebaiknya dilakukan namun perlu diketahui bahwa berhubungan seksual pada sekitar masa subur dapat meningkatkan peluang terjadinya pembuahan (info mengenai proses pembuahan dibaca di sini)
    • Mulailah kebiasaan hidup sehat dengan olahraga rutin, membatasi konsumsi kafein, tidak merokok/ minum alkohol, istirahat cukup dan mengelola stres dengan baik. Pilihlah makanan yang bernutrisi dan Anda dapat mengkonsumsi asam folat (400 mikrogram/hari).
    Tips lengkap cara cepat hamil dapat dibaca di sini

    Mengenai cairan vagina dan penyakit vagina dapat dibaca di bawah ini :

    Cairan Vagina Abnormal

    Penyakit Vagina

    Untuk mengetahui apakah cairan tersebut normal atau tidak tetap harus diperiksa ke dokter. Sebaiknya hindari pemakaian produk pembersih karena dapat mempengaruhi flora normal vagina. Selain itu pemakaian produk pembersih beraroma dapat beresiko mengiritasi vagina. Namun jika Anda ragu/ tidak yakin, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan yang memeriksa Anda untuk mengetahui produk apa yang cocok untuk Anda.

     

    Semoga berhasil,

    dr.Debby Phanggetsu