Tanya Dokter

  • Susah makan dan bab terus

  • Maaf dok saya ingin tanya.. masalah yang sedang dihadapi anak saya tepat nya usia nya 20 bulan.. Dari 6 bulan memang susah makan , awal nya dikit" mau tapi sekarang sudah tidak mau.. Mulai dari nasi,bubur atau cemilan dia tidak mau..setiap makan di lepehin.. Ditambah lagi masalah yang sering terjadi adalah bab terus terkadang suka memar merah lecet dianus akibat sering bab terus .. Bagaimana cara mengatasi nya ya dok.. Seminggu sembuh kambuh lagi.. Itu terjadi berulang setiap bulan sakit nya itu bab terus.. Saya sempat Periksa dan berobat kemana-mana tapi belum sembuh .. Sekali sembuh seminggu kambuh lagi.. Saya jadi bingung sekaligus khawatir.. Makasih .. Dok
    MegaAnanda OctaviantyaPutri Busur  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Mega,

    Mengenai susah makan, ketika anak tidak mau makan tentunya bisa membuat orang tua menjadi khawatir. Sebenarnya, tidak semua anak merupakan tipe yang "suka makan", memang ada beberapa anak yang makan seperlunya saja. Selama tidak ada penurunan berat badan, anemia, atau muncul kondisi medis lainnya akibat kurang nutrisi, maka Anda tidak perlu khawatir ya.

    Untuk membantu mengatasi anak yang susah makan, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

    • Jangan panik dan stress
    • Hindari memaksa anak untuk makan jika anak sedang tidak ingin
    • Jika anak belum mau makan, biarkan saja dulu dan coba ulangi menawarkan makanan beberapa jam kemudian
    • Buat makanan dalam bentuk yang unik dan lucu
    • Gunakan peralatan makanan seperti sendok dan piring yang berwarna cerah atau bergambar sehingga lebih menarik
    • Makan bersama dengan keluarga lainnya atau mengundang teman-temannya untuk makan di rumah
    • Berikan penghargaan dan pujian keika anak berhasil menghabiskan makanan
    • Hindari memberikan camilan, terutama camilan yang tidak sehat sebelum jam makan
    • Ajak anak makan sambil berjalan-jalan di sekitar rumah

    Jika anak tetap tidak mau makan, tidak masalah selama pertumbuhan dan perkembangan anak tetap baik. Namun jika Anda menjumpai berat badan anak turun, anak tampak pucat, buang air kecil sedikit / dehidrasi, maka sebaiknya Anda mengonsultasikan hal ini dengan dokter anak supaya bisa dicari tahu penyebabnya dan bisa diberikan penanganan yang tepat ya.

    Sedangkan terkait dengan BAB diare, pada anak diare bisa disebabkan karena infeksi virus, keracunan makanan, infeksi bakteri, infeksi parasit, terlalu banyak konsumsi jus buah, dan alergi, baik itu alergi makanan, alergi susu sapi, maupun alergi obat. Untuk memastikannya dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter.

    Apakah anak Anda mengkonsumsi susu formula? Cobalah membuat susu formula lebih cair atau ganti susu formula dengan merek lainnya terlebih dahulu dan lihat bagaimana reaksinya ya. Selain itu Anda juga bisa memberikan makanan yang sama dalam 1 hari dan melihat reaksinya (untuk mencari kemungkinan alergi makanan, misalnya kacang, keju, telur, atau makanan lainnya). Jika ada kecenderungan diare terjadi setelah konsumsi makanan tertentu, coba hindari mengkonsumsi makanan tersebut ya.

    Apabila tidak ada kemungkinan alergi, sebaiknya Anda memeriksakan anak ANda ke dokter anak ketika diare supaya bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut bila perlu dengan tes feses untuk mengetahui penyebab diare sehingga anak Anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Jangan lupa selama anak diare, berikan cairan yang cukup untuk anak, berikan oralit, dan periksa frekuensi buang air kecilnya ya. Jika anak mengalami tanda dehidrasi, segera ke rumah sakit agar mendapatkan penanganan.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Diare pada bayi
    Trik anak susah makan

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y