Tanya Dokter

  • susah tidur

  •  Saddam Hasri
    Anggota

    Salam Dok.. Saya Sudah trbiasa rutin selama 3 tahun kerja sampai jam 4 pagi...kmudian kerja lagi jam 9...tp krn sudah kebiasaan sya susah untuk tdur cepat kalo lg off kerja hngga 3 hari tdak tdur. Sya sudah konsuktasi dgan dokter disini dan makan obat rutin hngga tidak mempan lagi mkan obat tdur..bagaimna solusi nya dok.

    Halo, Gangguan tidur yang Anda alami kemungkinan oleh karena perubahan jam tidur yang disebabkan pekerjaan Anda dilakukan pada malam hari, sehingga menyebabkan irama tidur yang terbalik yaitu tertidur bukan pada waktu tidur dan bangun pada saatnya tidur. Kebutuhan tidur yang normal setiap orang berbeda-beda umumnya 6-8 jam dan dilakukan pada malam hari, karena tidur pada siang hari tidak mengeluarkan hormon tidur secara maksimal sehingga menyebabkan lebih mudah lelah dan kadang tidur menjadi kurang nyenyak. Berikut beberapa cara untuk mengembalikan jam tidur malam Anda pada saat off bekerja :

    1. Usahakan membuat lingkungan kamar tidur yang nyaman, matikan lampu, matikan benda-benda yang menimbulkan suara seperti televisi, telepon selular.
    2. Mandi dengan air hangat 30 menit atau satu jam sebelum tidur karena dapat merangsang tidur juga mengurangi ketegangan tubuh.
    3. Gunakan tempat tidur hanya khusus untuk tidur jadi hindari membaca di tempat tidur, menonton televisi setidaknya satu jam sebelum tidur, karena saat berbaring ditempat tidur akan menimbulkan rangsangan untuk tidur.
    4. Olahraga secara teratur terutama pada pagi hari bukan menjelang tidur.
    5. Hindari mengkonsumsi minuman yang membuat Anda terjaga seperti teh, kopi, alkohol. Dan juga rokok.
    6. Hindari makan-makanan berat sebelum tidur karena akan membuat perut tidak nyaman maupun minum karena akan menyebabkan Anda sering kebelakang untuk bak, tentunya dapat mengganggu tidur nyenyak Anda.
    7. Jernihkan pikiran Anda dan berdoalah sebelum memejamkan mata agar dapat tidur dengan nyaman.
    Mungkin pada awal mencoba akan terasa sulit tetapi jika Anda mencoba terus diharapkan lama-kelamaan tubuh akan beradaptasi. Jika setelah melakukan tips diatas masih belum terlihat perubahan, Anda dapat menanyakan dan mendiskusikan kepada dokter alternatif pengobatan lain selain obat-obatan seperti terapi hipnosis atau hipnoterapi. Baca artikel tentang insomnia dan menyiasati insomnia Demikian penjelasan yang dapat diberikan, semoga bermanfaat dr. Rievia