Tanya Dokter

  • Cara mengatasi susah tidur

  •  manja banget
    Anggota
    Saya mau bertanya dok, sudah 2 bulan ini saya susah tidur pada waktu ny, saya baru bisa tidur kalau sudah lewat dari pagi, contoh ny jam 8 pagi saya baru merasakan ngantuk, dan sampai saat ini masih seperti itu . cara untuk mengatasi ny gimana dok ??

    Halo

    Susah tidur dikenal dengan istilah insomnia. Kondisi ini kebanyakan lebih disebabkan faktor psikis atau non fisik seperti stres, gangguan cemas, depresi, kebiasaan tidur yang berbeda (seperti pekerja shift malam), atau kondisi tempat tidur yang kurang nyaman. Dengan mengatasi kondisi tersebut biasanya insomnia akan berkurang, meski tanpa obat. Untuk contoh-contoh penyakit yang menyebabkan susah tidur adalah penyakit keganasan dan penyakit jantung yang terkadang memang memerlukan obat tidur resep dokter.

    Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi insomnia:

    • Jaga kebugaran tubuh dengan asupan nutrisi sehat, banyak minum, dan olahraga teratur setiap harinya
    • Hindari konsumsi kafein berlebihan, terutama menjelang tidur
    • Tidak makan besar sebelum tidur
    • Ciptakan suasana kamar tidur yang bersih dan nyaman
    • Tidak berkontak dengan gadget dan semacamnya menjelang waktu tidur
    • Tidak melakukan aktifitas berat menjelang tidur
    • Latihlah pola tidur pada jam yang sama setiap harinya, misalnya jam 9 atau 10 malam sudan siap untuk tidur.
    • Manajemen stres dengan baik

    Apabila keluhan masih dirasakan segeralah ke dokter guna penanganan lebih lanjut.

    Semoga bermanfaat

    dr. Muhammad Fadhil