Tanya Dokter

  • Penyebab sulit tidur siang disertai jantung berdebar-debar dan keluar darah dari vagina

  •  lauren cassi
    Anggota
    Selamat siang dok, nama saya cassi berumur 19. Belakangan ini saya mengalami stress berat, jadi saya pikir kalo saya tidur siang saya bisa melupakan atau meringankan stress itu. Namun saya tidak bisa tidur siang udh 2 hari pdahal saya orgny yg suka dan gampang tidur. Saat saya memeramkan mata, jantung saya berasa berdebar kencang serta badan saya merasa seperti kesemutan. Dan saya keluar darah dri miss v saya, 8 hari setelah berhubungan intim, seharusnya saya menstruasi tanggal 1 namun sejak kmarin tgl 18 may. Kira kira apa penyebab nya ya dok? Dan bagaimana cara meredahkan stress. Ohiya dok nafsu makan saya juga berkurang

    Halo lauren......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Semua kondisi yang Anda alami saat ini, kemungkinan timbul oleh karena gangguan psikologis berupa stress, di mana hal ini merupakan suatu keadaan ketika seseorang mengalami tekanan yang sangat berat baik secara emosi maupun fisik.

    Beberapa gejala yang biasanya muncul jika seseorang mengalami stres, diantaranya adalah : sulit untuk tidur, gelisah, cemas, mudah tersinggung, jantung berdebar-debar, kesemutan, motivasi yang kurang, kesulitan konsentrasi, cepat marah, gangguan siklus menstruasi, lelah, sakit kepala, penurunan gairah seksual.

    Banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami stres, sebagian di antaranya adalah hubungan sosial, masalah keuangan, tuntutan di dalam pekerjaan, problematika kehidupan sehari-hari, masalah percintaan, dll.

    Cobalah atasi stres dengan cara :

    • Belajar menerima suatu masalah yang sulit diatasi atau hal yang tidak dapat diubah
    • Selalu berpikiran positif dan memandang bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup ada hikmahnya
    • Menghindari cara - cara negatif untuk meredakan stres, misalnya : merokok, minum minuman beralkohol, menggunakan narkoba
    • Melibatkan diri dalam kegiatan - kegiatan sosial untuk membantu orang lain
    • Menyisihkan waktu untuk melakukan hal yang disukai
    • Melakukan hal yang baru dan menantang
    • Melakukan aktivitas fisik, meditasi, atau relaksasi
    • Belajar mengendalikan diri dan selalu aktif dalam mencari solusi
    • Meminta saran dari orang terpercaya untuk mengatasi masalah yang sedang dialami

     

    Jika setelah Anda melakukan cara - cara diatas kondisi stres yang Anda alami masih saja dirasakan, maka kami sangat menyarankan agar Anda untuk menemui dokter spesialis kesehatan jiwa atau psikiater, sehingga dapat dilakukan serangkain penanganan lebih lanjut.

    Klik Artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    MENGATASI STRESS

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati