Tanya Dokter

  • Solusi atasi sulit tidur di malam hari

  •  fb-ombhedu
    Anggota

    Slmt mlm dok . sya heru umur 24 taun ... Knph ya dok sya susah tidur pda mlm hari. .. ???? Sya bisa tdr paling cpt jam 2 pagi ' paling lambat selesai shalat subuhh baru saya bisaa tidur?? Boleh tau solusinya dok biar bisa tdr jam 10 atau jam 9 gituu??

    Hai Om Bedhu, Kesulitan tidur yang Anda alami kemungkinan berkaitan dengan kebiasaan dan pola tidur yang Anda jalani selama ini. Apabila Anda terbiasa tidur larut malam maka tubuh akan menyesuaikan irama tidur dengan kebiasaan Anda tersebut. Akibatnya pada saat Anda ingin kembali tidur lebih awal maka tubuh yang sudah terpola untuk tidur larut malam tidak dapat serta-merta merubah polanya, sehingga Anda mengalami kesulitan untuk tidur. Untuk mengembalikan waktu tidur menjadi lebih awal maka Anda dapat mencoba untuk menggeser waktu tidur secara bertahap. Bila selama ini Anda terbiasa untuk tidur pada pukul 2 maka cobalah untuk menggeser waktu tidur 1 jam lebih awal yaitu pada pukul 1. Lakukan hal ini hingga Anda berhasil tidur pukul 1 selama seminggu. Selanjutnya kembali geser waktu tidur menjadi pukul 12 selama seminggu. Bila sudah berhasil kembali geser waktu tidur menjadi pukul 11, demikian seterusnya hingga Anda dapat mencapai waktu tidur seperti semula yaitu pada pukul 9-10. Untuk membantu agar Anda lebih mudah tidur berikut tips yang dapat dilakukan:

    • Mengatur kamar tidur agar senyaman mungkin
    • Mandi air hangat dapat membuat tubuh nyaman dan rileks sehingga lebih mudah untuk tidur
    • Hindari menonton TV atau bekerja di kamar
    • Jangan beraktivitas berat sebelum tidur
    • Hindari makan besar 2 jam sebelum tidur
    • Hindari konsumsi kopi atau merokok sebelum tidur
    • Batasi tidur siang
    • Meminimalisir stres
    Informasi berikut ini dapat berguna: Cara tidur nyenyak ternyata tidak sulit Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman