Tanya Dokter

  • minum susu bayi saat hamil untuk mencegah toksoplasmosis

  •  Shironatsu
    Anggota
    Hallo Dok,, saya sedang hamil. Saya ingin menanyakan,bolehlah ibu hamil trimester 2 atau 3 minum susu untuk bayi new born (bayi 0-6 bln) ?? Apakah susu trsebut aman dikonsumsi ibu hamil?? Krn saya prnh baca pengalaman ibu hamil yg kena tokso dan minum susu baby new born,, setelah lahir, bayinya sehat. Mohon bantu dijawab ya Dok. Makasih sebelumnya.

    Hallo Shironatsu

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Anda perlu mengetahui bahwa toksoplasmosis merupakan dari penyakit yang termasuk dalam TORCH. TORCH sendiri adalah singkatan dari beberapa penyakit yaitu Toxoplasmosis, Other diseases (penyakit menular lainnya seperti sifilis, HIV), Rubella (campak Jerman), Cytomegalovirus (CMV) dan Herpes simpleks. TORCH adalah kumpulan penyakit menular pada ibu hamil yang memiliki resiko serius apabila ditularkan kepada janin. Cara penularan penyakit-penyakit TORCH pada ibu hamil bermacam-macam. 

    • Toxoplasmosis (oleh parasit Toxoplasma gondhii): melalui konsumsi makanan yang tidak matang, kontak dengan kotoran kucing yang terinfeksi. Bulu kucing sendiri bisa menularkan telur parasit apabila bulu tersebut terkena kotoran kucing, terutama pada kucing liar/tidak terjaga higenitasnya. Menggunakan peralatan yang telah terkontaminasi dengan daging yang terinfeksi, seperti pisau, gunting, dan  talenan bekas daging mentah terinfeksi. Meminum susu kambing mentah yang terinfeksi  atau produk yang terbuat darinya.
    • Other diseases: umumnya melalui hubungan seksual, bisa juga lewat kontak darah (misalnya HIV)
    • Rubella: penularan virus melalui droplet air liur melalui udara misalnya saat seseorang yang terinfeksi batuk, bersin, bahkan berbicara
    • CMV: penularan virus melalui droplet air liur, kontak urin, hubungan seksual, darah, dan air susu ibu
    • Herpes simpleks: melalui hubungan seksual dan kontak cairan tubuh.

    Jadi anda bisa memahami bahwa Toksoplasmosis merupakan bagian penyakit dari berbagai pada penyakit TORCH. Bisa saja seseorang hanya mengalami salah satu penyakit pada TORCH atau beberapa penyakit secara bersamaan. Toksoplasmosis menyebabkan berbagai gangguan pada kehamilan dan sering menyebabkan kelahiran prematur bahkan kematian janin, sehingga seorang wanita sulit mendapatkan keturunan. Karena dampaknya pada janin, jadi baik Toksoplasma maupun infeksi lainnya akibat kuman penyebab TORCH ini perlu mendapatkan penanganan segera. Biasanya pada awal kehamilan dilakukan skrining atau uji terhadap penyakit ini (tes darah dan tes antibodi), sehingga bisa ditangani dengan segera. Toksoplasmosis sendiri biasanya memunculkan gejala ringan pada perempuan yang mengalaminya. Pengobatan toksoplasmosis dilakukan dengan pemberian antibiotik. Pada ibu hamil yang terinfeksi toksoplasmosis, jika janin belum terkena infeksi, maka dokter akan memberikan antibiotik spiramycin. Jika janin sudah tertular toksoplasmosis, maka dokter biasanya akan meresepkan pyrimethamine dan sulfadiazine. Sehingga sebenarnya jika belum menginfeksi janin, maka infeksi Toksoplasma ini bisa disembuhkan. Mengenai konsumsi susu new born (usia 0-6 bulan) yang anda maksud, saya tidak menemukan literatur ilmiah yang menyatakan bahwa pencegahan toksoplasmosis adalah dengan penggunaan susu tersebut. Sehingga saya tidak menyarankan konsumsi susu ini untuk mengatasi atau mencegah toksoplasma, karena memang belum ada pembuktiannya secara ilmiah. Anda tetap bisa mengkonsumsi susu new born yang anda maksudkan, namun tentu saja gizi yang terkandung pada susu tersebut tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi anda, karena memang peruntukan susu tersebut adalah untuk balita. Selama anda tidak memiliki alergi terhadap jenis susu yang anda maksud tersebut, maka susu tersebut aman untuk anda konsumsi.

    Ada beberapa hal yang anda dapat lakukan untuk mencegah infeksi toksoplasmosis ini, yaitu:

    • Gunakan sarung tangan saat berkebun atau memegang tanah.
    • Hindari mengonsumsi daging mentah atau setengah matang.
    • Cucilah tangan sebelum dan sesudah memegang makanan.
    • Cucilah semua peralatan dapur dengan bersih setelah memasak daging mentah.
    • Selalu cuci buah dan sayuran sebelum dikonsumsi.
    • Hindari meminum susu kambing non-pasteurisasi atau produk-produk olahan susu ini.
    • Tutuplah bak pasir tempat bermain anak-anak.
    • Jika anda memelihara kucing, sebaiknya anda memperhatikan kesehatan kucing peliharaan anda. Hindari memungut serta memelihara kucing liar. Gunakan sarung tangan dan masker muka saat membersihkan wadah kotoran kucing. Hindari kotoran kucing pada wadah kotoran kucing atau tanah. Berikan kucing makanan kering atau kalengan daripada daging mentah.

    Semoga jawaban ini membantu anda.

     

    dr. Aldy Valentino