Tanya Dokter

  • Susu formula yang bagus untuk bayi

  • selamat siang dokter saya mau tanya saya punya anak bayi berumur 25 hari dri hari pertama sampai aekarang saya pakai suau formula dikarenakan saya tidak bisa menyusui karena sy mempunyai flat putting beberapa cara sudah saya coba untuk mengeluarkan puting tapi tidak berhasil... jadi asi saya pompa tapi semakin hari semakin sedikit... sekarang hasil asi yg di pompa hanya 10 ml jadi mau tidk mau saya kasih anak saya susu formula, yang sy mau tanya apakah tidak apa2 sy kasih susu formula anak saya? dan obat apa yang bisa memperbanyak asi, terimakasih dokter

    Hai, Susu formula merupakan salah satu alternatif yang dapat diberikan kepada bayi, termasuk bayi yang baru lahir, apabila produksi ASI tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan bayi selama masa usia pemberian ASI ekslusif (6 bulan pertama), dimana makanan pendamping ASI belum boleh diberikan kepada bayi. Dalam memilih susu formula, yang paling penting adalah memperhatikan kandungannya, bukan merk dari susu formula tersebut. Bagi anak yang berusia di bawah 1 tahun, kandungan yang paling dari susu formula yang dipilih adalah yang mengandung :

    1. Protein - yang paling baik adalah jenis protein susu sapi. Protein susu sapi terbagi menjadi 2 yaitu whey dan casein. Untuk bayi baru lahir direkomendasikan memilih protein whey, atau campuran keduanya namun dengan proporsi whey yang lebih banyak.
    2. Karbohidrat
    3. Lemak
    4. Vitamin
    5. Mineral
    Perlu diingat dalam memilih susu formula pastikan bahwa di kemasannya tertulis bahwa susu formula tersebut aman untuk bayi baru lahir. Sebaiknya pilih susu formula yang berasal dari susu sapi. Alternatif lain selain susu formula bagi ibu yang tidak dapat memberikan ASI adalah dengan menggunakan bantuan dari donor ASI dari ibu lain yang memiliki persediaan ASI lebih banyak. Untuk ini Anda dapat mengubungi AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia). Sementara itu, untuk meningkatkan produksi ASI Anda dapat mencoba beberapa hal berikut :
    • memijat payudara sebelum menyusui
    • hindari stres
    • istirahat cukup
    • konsumsi cukup cairan dan makanan yang bergizi seimbang
    • semakin sering menyusui, maka akan semakin banyak produksi ASI
    • menyusui dengan payudara kanan dan kiri bergantian
    • memilih vitamin / suplemen penambah ASI yang aman dan terdaftar di BPOM
    Berikut artikel terkait yang dapat Anda baca : Memilih susu formula Mengapa memilih menyusui Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari