Tanya Dokter

  • Efek konsumsi susu kedelai bagi kesuburan pria

  • Dokter saya pernah baca kalo susu kedelai katanya tidak baik untuk anak lakilaki,apa betul dok?

    Hai,

    Terdapat isu bahwa susu kedelai kurang baik untuk laki-laki, sebagian mungkin karena susu kedelai dikenal mengandung isoflavonoid, suatu senyawa dari tumbuhan yang memiliki sifat estrogen lemah. Estrogen merupakan hormon utama pada perempuan yang berperan dalam memberikan sifat-sifat kewanitaan seperti pertumbuhan payudara dan penimbunan lemak di tempat-tempat tertentu.

    Estrogen diketahui dapat menurunkan kadar testosteron dalam tubuh. Namun, belum ada cukup bukti yang menunjukkan bahwa mengonsumsi bahan makanan yang mengandung fitoestrogen (yi. estrogen yang diperoleh dari tumbuhan -- dalam hal ini, bahan makanan seperti susu kedelai) dapat memengaruhi secara signifikan kadar testosteron manusia. Hal ini cukup masuk akal karena tingkat aktivitas estrogen yang dimiliki fitoestrogen adalah lemah.

    Karena itu, keseimbangan adalah kuncinya jika Anda ingin memberikan susu kedelai pada anak. Memberikannya secara berlebihan mungkin tidak baik dan tidak memberikannya sama sekali juga tampaknya kurang bijaksana; asupan gizi anak yang ideal adalah bervariasi dan bergizi seimbang.

    Baca juga artikel menarik tentang kontroversi kacang kedelai

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma