Tanya Dokter

  • Penyebab dan batas usia terkena syndrom mata malas

  • Malam dok saya umur 30 tahun dan saya di diagnosa mata malas juga rabun jauh dan silindris.. tapi menurut penjelasan terjadi pada anak2.. apa saya yang sudah 30 taun ni memang bisa terkena syndrom mata malas?

     

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter

     

    Kondisi mata malas memang seringkali dialami anak-anak. Namun tidak menutup kemungkinan dialami oleh orang dewasa. Atau mungkin saja hal tersebut sudah anda alami sejak lama namun baru terdiagnosa saat ini.

    Kondisi mata malas yang anda alami kemungkinan disebabkan oleh silindris yang anda miliki. Silindris atau dalam bahasa medis disebut Astigmatisma merupakan kelainan kornea dimana sesuatu objek dibiaskan dalam sudut yang tidak normal. Mata anda akan berusaha membuat sudut pembiasan yang normal. Mata dengan kemampuan penglihatan yang buruk akan mengirimkan sinyal visual yang kabur atau keliru ke otak. Otak kemudian akan mengirimkan sinyal lebih sedikit pada mata yang buruk. Lama-kelamaan, kinerja kedua mata menjadi tidak sinkron dan otak akan mengabaikan sinyal dari mata yang buruk tersebut.

    Setelah otak gagal mengirimkan sinyal, maka otot mata yang bersangkutan  mulai tidak berkontraksi dan inilah yang kemudian disebut mata malas. Keadaan ini akan bertambah buruk ketika anda tidak menggunakan alat bantu baca/kacamata. 

     

    Gejala pada mata malas yakni :

    -Mata yang terlihat juling atau tidak sinkron

    -Tidak bisa mengukur jarak.

    -Gerakan kedua mata yang tidak sinkron.

    -Sering memicingkan atau memejamkan sebelah mata.

     

    Untuk memastikan kondisi mata malas diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter spesialis mata.

     

    Berikut artikel mengenai MATA MALAS

     

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Natalia