Tanya Dokter

  • Hasil diagnosis infeksi saluran kemih

  • Dok, saya mau tanya seputar sakit ISK. Saya belum menikah, usia 20thn. Kmarin sempat rawat inap, pas test urin dan darah hasilnya ada infeksi di saluran kemih. Katanya positif 2. Itu maksudnya positif 2 apa yah dok?? Terimakasih sebelumnya..

    Halo Asha Amalia Putri.

    Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan keadaan di mana organ pada saluran kemih (ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra) mengalami infeksi oleh bakteri. Infeksi saluran kemih dapat terjadi pada siapa saja, namun wanita lebih rentan mengalami hal ini karena wanita memiliki saluran uretra yang lebih pendek.

    Adapun gejala yang bisa dirasakan apabila mengalami ISK adalah nyeri atau perih saat buang air kecil, rasa ingin selalu buang air kecil dan tidak bisa ditahan, rasa tidak nyaman dan nyeri pada perut bagian bawah,  bau urine yang sangat menyengat, warna urine yang keruh, bahkan kadang-kadang bercampur darah dan lain-lain.

    Untuk proses diagnosisnya, dapat ditegakkan melalui hasil anamnesa (tanya jawab mengenai keluhan), pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang berupa tes urin dan juga kultur urin. Untuk tes urin sendiri, hal ini diperlukan untuk melihat adanya bakteri, sel darah merah dan sel darah putih di dalam urine sebagai tanda-tanda terjadinya ISK. Pada kasus Anda, hasil yang manakah yang mendapatkan hasil positif 2?

    Untuk kultur urin, sampel urin akan diteliti dengan lebih lanjut untuk menentukan jenis bakteri yang menyebabkan ISK, hal ini dilakukan untuk menentukan jenis antibiotik yang paling cocok untuk membunuh bakteri.

    Demikian informasi yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat.

    dr Taneya Putri Zahra