Tanya Dokter

  • Masih ada tonjolan setelah melakukan prosedur penghilangan tahi lalat

  •  xxxxx
    Anggota

    Hallo dok... Saya dua minggu yang lalu melakukan penghilangan tahi lalat dengan cauter di sebuah klinik. Tahilalat ini seukuran kacang hijau berwarna hitam. Setelah di cauter tahi lalat sudah tidak ada, tapi masih terlihat ada bagian menonjol cuma sudah tidak berwarna hitam, lebih seperti bekas luka. Dokter yang menangani saya memang menjelaskan dengan cauter tidak akan hilang sepenuhnya, cuma pada awalnya saya fikir tidak akan menonjol cuma keliatan aja seperti tahilalat yang biasa (tidak tumbuh). Kira-kira bagian yang menojol masih tahi lalat atau apa ya dok? kalo boleh saya mau minta saran obat untuk menghilangkan tahi lalat saya ini.terimakasih.

    Hai,   Untuk memastikan kelainan kulit Anda maka sebaiknya Anda melakukan kontrol kembali kepada dokter yang melakukan tindakan kauter pada tahi lalat Anda. Dengan begitu maka dokter bisa memeriksa kondisi kulit Anda paska tindakan dan memberikan penanganan yang tepat. Beberapa kemungkinan kelainan kulit Anda saat ini adalah :

    1. Skin tag.
    2. Parut hipertrofik.
    3. Keloid.
    4. Sisa bagian tahi lalat yang dikauter.
    5. Kutil.
    6. dll
    Untuk memastikannya maka pemeriksaan secara langsung oleh dokter akan diperlukan. Dengan begitu akan diketahui apa bentuk kelainan kulit Anda dan diberikan penanganan yang tepat. Anda bisa berkonsultasi dengan ahli bedah plastik atau dokter kulit jika menginginkan hasil terbaik dari penanganan kelainan kulit Anda. Mungkin sekali akan dibutuhkan tindakan bedah potong dengan pisau bedah agar pengangkatan tahi lalat bisa sempurna dan tidak menimbulkan keluhan seperti Anda saat ini. Beberapa penanganan Tahi lalat sebenarnya bisa dengan melakukan :
    1. bedah potong dengan pisau bedah.
    2. Bedah dingin dengan menyemprotkan cairan pembeku ke tahi lalat.
    3. Kauter.
    Beberapa obat yang bisa menghilangkan kutil dan kelainan kulit lain seperti asam salisilat, asam trikloroasetat mungkin bisa membantu Anda meratakan hasil kauter pada kulit Anda. Namun konsultasikan de dokter kulit sebelum Anda menggunakannya agar bisa didapatkan efek pengobatan yang maksimal. Baca artikel Tahi lalat. Baca topik Cara menghilangkan Tahi lalat. Semoga membantu.   dr. Yusi