Tanya Dokter

  • Menstruasi dan masa subur

  • dok saya eka, jenis kelamin perempuan, umur sya 29th. saya mau nanyak dok, saya sudah menikah. saya melekukan hubungan intim seteleh menstruasi di hari ke 8 yaitu tanggal 26 juli setelah mens. mens trakhir saya tgl 19-23 juli. apakah itu masuk ke tanggal masa subur? dan bagaimana cara menghitung masa subur? siklus mens saya kadang maju atau mundur dua hari, kadang mens saya pas pada tanggalnya.

    Eka Binti Hidayat  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Eka, Siklus menstruasi bervariasi antara 21 - 35 hari, dengan periode 3 - 7 hari setiap siklusnya. Untuk mengetahui masa subur, terdapat beberapa metode yang dapat digunakan, antara lain :

    • metode suhu basal atau lendir vagina - selama masa subur/ ovulasi, suhu basal tubuh wanita akan sedikit meningkat disertai keluarnya cairan vagina yang bening dan tidak mudah putus (menyerupai ingus)
    • metode kalender - masa subur seorang wanita berada antara 3 hari sebelum dan sesudah dari hari ke-14 siklus menstruasi setelahnya (misalnya siklus menstruasi Anda 28 hari, menstruasi terakhir 19 juli, maka menstruasi selanjutnya adalah 16 agustus, dengan demikian masa subur Anda kemungkinan adalah 3 hari sebelum dan sesudah dari 2 Agustus). Namun metode ini hanya dapat diterapkan pada wanita yang memiliki siklus menstuasi teratur dan tidak menggunakan KB. Anda dapat menggunakan perangkat lunak yang terdapat di internet kalkulator masa ovulasi
    • metode ovutest - alat menyerupai testpack untuk kehamilan
    Demikian, semoga membantu dr. Rico