Tanya Dokter

  • Pemilihan jenis kontrasepsi yang tepat

  •  Enona
    Anggota
    Hallo dok Dok sy pny rencana utk psg KB,, udh k puskesmas minta suntik 3bulan tp sm bidannya disaranin psg IUD. Udh dijlsin sih ttg IUD itu sndri, & sy disuruh blg k suami. Kt suami sih srh suntik aj, ktnya horor sm benangnya itu. Tp sbnrnya sy pun jg takut dok psg IUD, tkut pasang iya, takut sm benangnya itu jg,jd gmn ya dok sy jd bingung. Mohon penjelasannya y dok. Terima kasih

    Haiii Ibu Enona,

    Bidan Anda tentu  memiliki alasan mengapa ia menyarankan Anda memilih kontrasepsi IUD. Sebelumnya kita akan bahas singkat mengenai kontrasepsi itu sendiri. Kontrasepsi adalah suatu metode untuk pencegahan kehamilan. Ada 3 tujuan kontrasepsi yakni:

    1. Menunda kehamilan : contoh metodenya adalah pil KB dan kondom. Metode KB sederhana juga boleh dicoba seperti senggama terputus dan tidak melakukan hubungan intim saat masa subur namun risiko terjadinya kehamilan akibat metode ini sangat tinggi.
    2. Menjarangkan kehamilan : maksudnya ialah memberi jarak antara kelahiran anak pertama dan selanjutnya sekitar 2 tahun atau lebih. Metode yang cocok antara lain IUD (KB spiral), implan (susuk), dan KB suntik (1 bulan atau 3 bulan)
    3. Menghentikan/mengakhiri kesuburan: mencegah kehamilan secara permanen dengan metode berupa tubektomi (pada wanita) dan vasektomi (pada pria). 

    Bilamana Anda ingin menjarangkan jarak kehamilan dalam beberapa tahun, baik KB suntik maupun IUD sesungguhnya merupakan pilihan yang tepat. Masing-masing dari metode tersebut harus ditimbang kelebihan dan kekurangannya, dan dari sanalah Anda dapat memilih mana kiranya kontrasepsi yang paling sesuai untuk Anda.

    Saat Anda menggunakan KB suntik, Anda perlu ingat kapan jadwal Anda perlu melakukan suntikan ulang karena bila terlambat, kemungkinan terjadinya kehamilan akan makin mudah. Berbeda dengan IUD dimana hanya dengan sekali pasang, maka dapat mencegah kehamilan dalam waktu 5-10 tahun tanpa Anda harus rutin berjadwal memeriksakan diri. Hanya saja, risiko seperti IUD terlepas memang dapat terjadi walaupun tidak pada kebanyakan kasus. Benang IUD bukanlah sesuatu yang horor, berbahaya atau hal yang perlu Anda takuti. Justru keberadaan benang IUD ini penting bagi Anda untuk mengetahui kondisi IUD yang dimasukkan dalam rahim.

    Anda tidak perlu takut menggunakan IUD. Memang akan ada perasaan tidak nyaman saat pemasangannya tapi itu tidaklah berlangsung lama.

    Mengenai efek samping, baik KB suntik maupun IUD sama-sama memiliki efek samping. Kini kembali lagi pada Anda, tetapkan tujuan kontrasepsi Anda dan pilih metode yang paling nyaman untuk Anda. Perlu juga Anda ketahui bahwa kedua metode tersebut sama-sama tidak dapat mencegah penularan penyakit menular seksual. 

    Simak artikel terkait : Metode Kontrasepsi   Kelebihan dan Kekurangan KB Suntik

    Semoga membantu, 

    Terima kasih