Tanya Dokter

  • Tambal gigi sementara lepas

  •  meysaf
    Anggota
    Halo, nama saya Meysa umur 15 tahun. Tadi sore saya melakukan penambalan sementara di gigi bawah saya dan dokter menganjurkan untuk tidak mengunyah di bagian gigi tersebut selama 1 jam dan setelah kurang lebih 2 lebih saya tidak sengaja menggunakan gigi saya untuk mengunyah dan tambalan sementaranya lepas sebagian tapi tidak menyebabkan sakit, apa yang harus saya lakukan?

    Halo Meysaf, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Adanya gigi lubang atau dikenal dengan karies merupakan kondisi dimana terjadi kerusakan pada sebagain dari gigi dan tidak sedikit terjadi nekrosis atau pembusukan pada bagian gigi tersebut. Pada beberapa kasus karies dapat terjadi sebagian kecil, namun dapat juga terjadi cukup besar dengan penyebaran pada area gusi. Adanya karies gigi perlu penanganan dengan cara menambal gigi atau jika memang komplikasi cukup berat maka tidak sedikit dilakukan pencabutan gigi secar keseluruhan. 

    Pada kondisi gigi berlubang atau berongga maka dilakukan pembersihan dari jaringan yang nekrosis atau busuk dan dilakukan penambalan gigi dengan tujuan gigi yang berongga tidak dimasuki oleh makanan yang dapat menyebabkan infeksi atau kerusakan gigi lebih lanjut. Pada kasus Anda dimana dilakukan tambal sementara, maka perlunya kunjungan berikutan untuk dilakukan tambalan tambahan. Jika tambalan sementara lepas maka yang perlu dilakukan adalah kembali ke dokter Anda untuk memeriksakan kondisi gigi berlubangan Anda, apakah perlu langsung dilakukan penambalan permanen atau dilakukan perwarwan lain sebelumnya seperti pemberian obat-obatan tertentu seperti antinyeri atau antibiotik. Semuanya akan disesuaikan dengan hasil konsultasi dan pemeriksaan. Untuk sementara menjaga kebersihan dari gigi tersebut dan hindari mengunyah dengan bagian gigi berlubang tersebut. 

     

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

     

    Salam, dr. Tiwi