Tanya Dokter

  • Tambalan gigi yang lepas

  •  Halo dokter,

    saya mau tanya, kan saya sudah tambal dari beberapa tahun lalu sekitar 4-5 tahun. sebelah kiri dan kanan. yang bermasalah adalah yang sebelah kiri, seperti sudah lepas. Saya memang lebih sering makan d sebelah kiri saja, karna terbiasa.

    Seharusnya tambalan itu tahannya berapa lama? apakah minum air terlalu panas berpengaruh hancurnya isi tambalan? karna saya merasa seperti makan tambalan saat minum air panas. jika memang lepas apakah harus langsung d tambal kembali?

    Eviriana Osman  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Eviriana,

    Penambalan gigi merupakan penanganan untuk gigi berlubang agar tidak terjdi penumpukan sisa makanan dan infeksi pada gigi yang berlubang. Dengan ditambal, diharapkan gigi bisa bertahan lebih lama dan tidak perlu sampai dicabut. Tambalan gigi diupayakan bisa selama mungkin bertahan / permanen. Namun terkadang tambalan gigi bisa saja terlepas.

    Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan tambalan terlepas diantaranya yaitu:

    • Material / bahan yang digunakan untuk menambal gigi
    • Perawatan sehari-hari, termasuk kebiasaan menyikat gigi, konsumsi makanan yang terlalu manis, lengket, terlalu keras, terlalu asam
    • Posisi gigi yang ditambal

    Tambalan gigi yang terlepas berarti kondisi gigi berlubang kembali terbuka / tidak tertutup. Hal ini akan meningkatkan resiko infeksi pada gigi yang berlubang sehingga muncul keluhan nyeri / sakit gigi.

    Oleh sebab itu, apabila tambalan gigi Anda terlepas, saya sarankan agar Anda berkonsultasi kembali dengan dokter gigi agar bisa dilakukan pemeriksaan dan evaluasi terhadap kondisi gigi sehingga Anda bisa diberikan penanganan yang tepat ya, misalnya dengan pembersihan karang gigi dan penambalan ulang.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Tambal gigi

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y