Tanya Dokter

  • Tambalan gigi terasa nyeri saat mengunyah makanan

  • Sore dok, saya mau nanya ni soal tambalan sementara, kamis kemarin saya abis dari dokter gigi spesialis konservasi soalnya gigi geraham bawah saya SEPERTINYA mengalami masalah yang berat/serius(soalnya dokter gigi umum menganjurkan saya ke spesialis konservasi), gigi saya dibuat mengunyah,ditekan lidah,ditekan dengan gigi atas..rasanya ngilu nyut2an sampe ke telinga, paling parah buat mengunyah, kemarin ke dokter gigi spesialis konservasi gigi saya di'bor,dibersihkan,dimasukkan alat kayak jarum,abis itu ditambal sementara pakek kapas, eh 4 jam setelah ditambal sementara saya buat ngunyah makanan kok ngilu ya? Sakit gitu, tapi cuma bentar doang, tapi dokter bilang sih saya harus melakukan perawatan saluran akar di kunjungan berikutnya, yang saya pertanyakan ini kenapa sakit ya tambalan sementaranya dok 😢? Terima kasih

    Halo

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Sebenarnya hal ini merupakan suatu wewenang seorang dokter gigi terutama dokter spesialis konservatif. Bila memang terjadi gigi berlubang yang terlalu dalam, maka kemungkinan besar akan mengenai akar gigi dan memerlukan perawatan saraf. Perawatan akar gigi (endodontik) memang akan dilakukan dalam beberapa tahap dan akan dilakukan penambalan sementara.

    Pada beberapa orang memang akan tetap mengalami nyeri pada gigi walaupun sudah dilakukan penambalan sementara. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh masih terdapatnya sisa-sisa bakteri dan jaringan mati didalam saluran gigi Anda. Namun nantinya setelah dilakukan penambalan tetap maka rasa nyeri tersebut akan menghilang.

    Untuk sementara ini, beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengurangi rasa nyeri pada gigi anda adalah:

    1. Kumur dengan air garam
    2. Konsumsi obat pereda rasa nyeri seperti asam mefenamat atau paracetamol
    3. Bersihkan gigi secara perlahan
    4. Kontrol secara rutin pada dokter gigi Anda

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

    dr. Winda Indriati