Tanya Dokter

  • Solusi atasi siklus haid tidak lancar

  •  Lidya Apriani
    Anggota
    Pagi dok. Saya mahasswa blm menikah usia 21 Dok bulan ini saya belum haid juga. Bulan kemarin saya keluar kecoklatan selama 6 hari dan tidak keluar darah merah. Bulan sebelumnya saya tidak haid sama sekali. Sebelumnya saya mengkonsumsi obat herbal untuk supaya haid saya satu bulan sekali Tapi setelah habis herbalnya siklus haid saya tdk ada perubahan tetap telat tidak satu bulan sekali Saya stres dok saya selalu kepikiran kalo haid tidak kunjung datang juga.saya sudah berkali2 periksa ke dokter kandungan. Dan hasilnya tidak ada masalah apapun di rahim saya. Saya khawatir ketika saya menikah nanti bagaimana jika ingin memiliki anak sedangkan haid saya saja tidak teratur. Apa yang harus saya lakukan dok. Saya sangat stres. Terimakasih dok. Saya tunggu jawabnnya :)

    Halo Lidya,

    Sebelumnya perlu ditanyakan pada riwayat anda, Berapa lama keluhan yang anda rasakan? apakah disertai gejala lain? keluhan anda sangat umum dialami oleh wanita di bawah usia 25 tahun dan pada wanita yang menggunakan alat kontrasepsi. Hal ini dapat berupa hal yang normal ataupun tidak normal. Sebelumnya saya akan menjelaskan mengenai periode menstruasi wanita. Umumnya periode menstruasi wanita adalah 2-7 hari, sementara siklus menstruasi berlangsung selama 21-35 hari, dengan rata-rata pada umumnya selama 28 hari. Sebelum anda khawatir,ada baiknya jika anda meneliti apakah aktivitas anda berlebihan,kurangnya konsumsi makanan bergizi dan stress. Beberapa hal ini memiliki dampak pada menstruasi yang tidak teratur.
    Berikut adalah hal yang dapat menyebabkan anda terlambat haid (haid tidak teratur)
    1. Hamil/menyusui
    2. aktivitas berlebihan
    3. Olahraga berlebihan
    4. gangguan pola makan
    5. Kemungkinan penyebab lain adalah, obesitas, mengonsumsi kontrasepsi oral.
    Berikut adalah indikasi kapan anda harus ke dokter:
    1. Siklus menstruasi < dari 21 hari dan > 35 hari
    2. Menstruasi berlangsung lebih dari 7 hari.
    3. Mengalami pendarahan/ flek di antara masa menstruasi.
    4. Mengalami nyeri yang tidak tertahankan dan terus menerus
    5. Anda telah berhenti mengalami menstruasi selama 12 bulan berturut-turut, tapi kemudian kembali mengalami haid.
    Sangat disarankan anda berkonsultasi kembali ke dokter spesialis kandungan,agar ditelaah riwayat anda sebelumnya dan dilakukan pemeriksaan fisik ataupun USG kandungan jika perlu serta mendapatkan info lebih jelas mengenai perubahan hormonal yang sering kali terjadi pada usia di bawah 25 tahun. Semoga bermanfaat,salam dr. Celleen