Tanya Dokter

  • Bunga korejat untuk menyembuhkan mata minus/katarak

  •  Hana Apriani
    Anggota
    Dok.. sya membaca artikel tntang bunga korejat/kitolod katanya baik untuk menyembuhkan mata minus bahkan katarak.. apa itu benar dok? Soalnya saya punya mata minus sudah lama sekali.. tentang bunga kitolod apa itu aman.. atau berbahaya.. tolong informasinya dok..

    Hai Hana,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Mata minus (miopia) bisa membuat kualitas hidup penderitanya menurun karena kesulitan dalam melihat obyek yang jauh. Karenanya, berbagai cara kerap dilakukan guna mengatasinya. Termasuk juga dengan pengobatan herbal.

    Namun, perlu Anda ketahui, bahwa hingga kini belu ada uji klinis yang memadai yang membuktikan bahwa bunga korejat (Isotoma longiflora) bermanfaat dalam penyembuhan miopia apalagi katarak. Karenanya, kami tidak berwenang menyarankan penggunaannya.

    Dalam ilmu medis sendiri, miopia baru dapat disembuhkan melalui prosedur operasi. Ada beberapa jenis operasi yang bisa dilakukan, di antaranya yakni:

    • LASEK (laser epithelial keratomileusis)
    • LASIK (laser in situ keratectomy)
    • PRK (photorefractive keratectomy)

    Selain operasi, miopia bisa juga dikoreksi (namun tidak disembuhkan) yakni dengan penggunaan kacamata atau lensa kontak minus. Dengan koreksi ini, penderita tetap dapat beraktifitas dengan baik meski tidak menjalankan operasi. 

    Apabila Anda tertarik melakukan pilihan terapi ini, Anda bisa berkonsultasi langsung ke dokter spesialis mata di fasilitas kesehatan terdekat ya..

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah